Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Reading and Composition (CIRC) dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Apresiasi Cerpen Siswa SDN Mrayan Kabupaten Ponorogo

Pamularsih Pamularsih

Abstract


Kemampuan apresiasi karya sastra sangat dipengaruhi oleh beberapa kemampuan yang lain. Kemampuan tersebut salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis. Di dalam kemampuan berpikir kritis, kemampuan akademis siswa akan terbentuk. Dalam kaitannya dengan pembelajaran apresiasi cerpen, siswa dituntut untuk mampu menganalisa setiap unsur yang terdapat dalam cerpen. Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisis Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Reading and Composition (CIRC) dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Apresiasi Cerpen. Penelitian ini berjenis kuantitatif eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 siswa. Pemilihan sampel dilakukan secara acak dengan mempertimbangkan karakteristik tertentu. Hasil temuan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan metode CIRC dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan apresiasi cerpen siswa.


Keywords


CIRC; berpikir kritis; cerpen; apresiasi

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu & Supriyono, Widodo. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka.

Ahuja, Pramila. 2010. Membaca Secara Efektif dan Efisien. Bandung: Kiblat.

Danarjati, D.P dkk. 2013. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Danim, Sudarwan. 2011. Pengantar Kependidikan: Landasan, Teori, dan 234 Metafora Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. 2007. Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Djaali, dkk. 2007. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Fauzi. 2004. Teori Persepsi. Jakarta: Rineka Cipta.


Article Metrics

Abstract has been read : 713 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/linguista.v2i2.3699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:


View My Stats