Penggunaan Media Pembelajaran Pohon Ajaib dengan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Indonesia Siswa Tunarungu Kelas II SDLB Dharma Wanita Jiwan Kabupaten Madiun

Guntur Kadarusman, Bambang Eko Hari Cahyono

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bagi siswa tunarungu kelas II SDLB. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan, di SDLB Dharma Wanita Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah dengan menggunakan media pohon ajaib dan model pembelajaran Make A Macth. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pengamatan dan tes. Kegiatan penelitian yakni pada pembelajaran penguasaan kosa kata bahasa Indonesia dilakukan dengan 2 siklus. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan media pohon ajaib dan model pembelajaran Make A Macth dapat meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Indonesia bagi siswa tunarungu kelas II SDLB. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya: 1) aspek penguasaan kosa kata siklus I adalah 64 pada siklus II menjadi 87 meningkat 23%, 2) melengkapi kalimat rumpang siklus I adalah 58 pada siklus II menjadi 84 meningkat 26%, 3) penerapan dalam kalimat siklus I adalah 60 pada siklus II menjadi 80 meningkat 20%, sehingga nilai keseluruhan siswa mengalami peningkatan 23%. Berarti hasil kegiatan pembelajaran menggunakan media pohon ajaib dengan model pembelajaran Make A Match menunjukkan adanya peningkatan dan memuaskan yaitu melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).          


Keywords


pohon ajaib; Make A Match; kosa kata

Full Text:

PDF

References


Ahmad Rohani. 1997. Media Instruksional Edukatif. Bandung: Rineka Cipta.

Arsyad Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arif S. Sardiman dkk. 2005. Media Pendidikan (Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatan). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Burhan Nurgiyantoro. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Darmiyanti Zuchdi. 2007. Strategi Membaca Meningkatkan Kemampuan Membaca. Yogyakarta: UNY Press.

Heinich Robert dkk. 2005. Instructional Technology and Media for Learning. Pearson Merrill Prentice Hall, Upper Saddle river, New Jersey Colomcus Ohio.

Heinich, Robert, et. Al. (1996) Instructional media and technologies for learning (5 ed). New Jersey: Simon & Schuster Company Engelewood Cliffs.

Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Abstract has been read : 3866 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/linguista.v2i1.2756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:


View My Stats