Pengaruh Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Kuantum Dan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Keterampilan Membaca Nyaring pada Anak Tunarungu

Handik Indarwati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran kuantum dan media kartu kata bergambar terhadap keterampilan membaca nyaring pada anak tunarungu. Sampel penelitian yang diambil adalah siswa kelas IV B SDLB Negeri Banjarsari Wetan Kabupaten Madiun berjumlah 60 siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen atau eksperiman semu. Data penelitian diambil dari hasil observasi terhadap siswa, wawancara dengan guru kelas, dan tes tertulis untuk mengukur keterampilan membaca nyaring anak tunarungu. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap keterampilan membaca nyaring anak tunarungu, adanya pengaruh penggunaan pendekatan metode pembelajaran quantum, dan adanya interaksi antara penggunaan media kartu kata bergambar dan metode pembelajaran quantum dalam peningkatan keterampilan membaca nyaring pada anak tunarungu.


Keywords


pembelajaran kuantum; media kartu kata bergambar; membaca nyaring; anak tunarungu

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta :Rineka Cipta.

Anita,S. (2011). Media Pembelajaran. Surakarta: UNS Press.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Ptaktek Jakarta : Rineka Cipta

De Porter, B. et all. (2003). Quantum Teaching: Mempraktekkan Quantum Learning di Ruang – Ruang Kelas. Terjemahan oleh Ary. Nilandari. Bandung: Kaifa

De Porter, B., & Hernarcki, M. (2007). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyanangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa

Hidayat, R. S. (1990). Pengetesan Kemampuan Membaca Secara Komuniktif. Jakarta : Intermasa

Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Jakarta :Ghalia Indonesia.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Nurhadi. (2010). Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.

Saleh, S. (1996). Statistik Nonparametrik. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA

Smart, A. (2010). Anak Cacat Bukan Kiamat. Yogyakarta: Katahati.

Somad, P., dan Hernawat, Hi. (1996). Ortopedagogik Anak Tuna Rungu. Jakarta :Deptdikbud

Sudjana. (2002). Desain dan Analisis Eksperimen. Bandung :PT Tarsito

Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung :PT Remaja Rosdakarya

Tarigan, H. G., (1984). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung :ANGKASA

Sugiyono. 2012.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract has been read : 1003 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/linguista.v2i1.2683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:


View My Stats