Implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran menganalisis teks laporan hasil observasi kelas X-1 SMANegeri 2 Madiun tahun pelajaran 2016/2017

Mashudi Mashudi, Agus Budi Santoso

Abstract


Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013  pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Madiun. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang dipergunkan adalah sumber data primer dan skunder. Teknik yang dipergunakan dalam pengumpulan data adalah pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen. Dari hasil temuan yang berkaitan dengan fokus penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Silabus yang disusun tidak memuat rumusan kompetensi sikap dan penilaian sikap. Materi pokok tidak dibedakan antara fakta, konsep, prinsip, dan prosedur. (2) Di dalam RPP tidak memuat rumusan tujuan. Materi pembelajaran tidak dibedakan antara faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif. (3) Pada kegiatan pembelajaran, guru tidak mengajukan pertanyaan yang menantang untuk memotivasi dan tidak  menyampaikan manfaat materi pembelajaran. Kegiatan presentasi kelompok kurang efektif. Guru tidak mendorong peserta didik untuk bertanya. (4) Pada kegiatan penutup, tes tulis dan tes lisan hanya digunakan sebagai tagihan proses. Hasil kerja kelompok juga tidak digunakan sebagai penilaian keterampilan. (5) Penilaian hasil belajar tidak digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran sesuai dengan perencanaan.


Keywords


Implementasi Kurikulum 2013; Teks Laporan Hasil Observasi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Denny, S. et.all. (2009). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2014). Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (Wajib) Melalui Pendekatan Saintifik. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2014). Cook Book (Istilah-Istilah, Langkah-Langkah, dan Tanya Jawab Kurikulum 2013): Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2014). Model Penilaian Proses dan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2015). Petunjuk Teknis Pendampingan Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dahar, R. W.. (2002). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Hasnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Jihat, A. dan Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kemdikbud. (2014). Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemdikbud.

Kemdikbud. (2015). Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemdikbud.

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putra, N. (2013). Research Development. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rasyid, H dan Mansur, M. (2007). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Suharto, T. (2015). Pengantar Teori Belajar-Pembelajaran Bahasa dan Sastra Berbasis Pengalaman. Semarang: Widya Sari Press.

Suharto, T, dkk. (2013). Pengantar Metodologi Penelitian dan Pengembangan Instrumen Pengukuran. Madiun: IKIP PGRI

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sumiati dan Asra. (2007). Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Susilana, R. dan Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran Hakikat Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.


Article Metrics

Abstract has been read : 8 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.