Kesesuaian aspek kebahasaan BSE bahasa Indonesia SMP terhadap standar isi

Muhammad Fahmi, Dwi Rohman Saleh

Abstract


Terobosan luar biasa yang dilakukan pemerintah dalam penerapan K-13 ini adalah Buku Sekolah Elektronik (BSE). BSE pun diperbolehkan untuk dicetak dan diperbanyak tanpa membayar royalti ke pemerintah. BSE diberikan secara masif. Semua sekolah bisa mengaksesnya. Penelitian bertujuan untuk melihat sejauh mana kekurangan, terutama pada aspek kebahasaan, dalam BSE Bahasa Indonesia kelas VII Kurikulum 2013. Terdapat 3 aspek kebahasaan yang dinilai dari sebuah buku teks, yaitu (1) aspek kesesesuaian dengan tingkat perkembangan peserta didik; (2) komunikatif; dan (3) keruntutan dan kepaduan paragraf. Pada aspek kesesuaian dengan tingkat perkembangan peserta didik hasil penelitian memperlihatkan bahwa di BSE Bahasa Indonesia kelas VII ditemukan 30 kata yang tidak sesuai dengan perkembangan intelektual peserta didik. Peserta didik tidak mampu memahami kata-kata tersebut adalah karena mereka tidak biasa atau tidak pernah melihat atau mendengar kata-kata tersebut. Pada penilaian aspek komunikatif di buku ini ditemukan: (1) permasalahan tentang makna ganda (tidak jelas) kalimat; (2) kesalahan tanda baca; (3) dan inkonsistensi. Pada penilaian aspek keruntutan dan kesatuan gagasan ditemukan masalah: (1) tidak adanya hubungan antara subbab dengan subbab sebelum dan sesudahnya; (2) pengulangan kalimat yang tidak perlu; (3) dan hubungan antarkalimat yang membingungkan.


Keywords


Kesesuaian Bahasa; BSE Bahasa Indonesia kelas VII; Standar Isi; Kurikulum 2013

Full Text:

PDF

References


BSNP. (2006). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan

BSNP. (2014). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014. BSNP-indonesia.org /?p=1340 (diakses pada tanggal 17 Juni 2017, pukul 11:00)

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas

Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional

Hornby, A.S. (1987). Oxford Advanced Learners Dictionary of Current English. United Kingdom: Oxford University Press

Krippendorff, K. (1993). Analisis Isi Pengantar Teori dan Metodologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Syah, M. (2004). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya

Sugiantomas, A., & Wigunawan, K. (2015). ANALISIS BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA SEKABUPATEN KUNINGAN DALAM MENJABARKAN SK/KD DILIHAT DARI KEILMUAN KEBAHASAAN DAN KESASTRAAN INDONESIA. Jurnal Fon, 3(2).

Undang-undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional


Article Metrics

Abstract has been read : 0 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.