Pelaksanaan model pembelajaran kelompok melalui kegiatan partisipatif dalam pembelajaran menulis laporan perjalanan wisata siswa SD Negeri Jaten 1

Satik Andariyah, V. Teguh Suharto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran kelompok melalui kegiatan partisipatif dalam pembelajaran menulis laporan perjalanan wisata. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Jaten 1. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif studi kasus murni. Pemerolehan sumber data didapatkan dari kegiatan wawancara dan pengamatan langsung dari peneliti terhadap perilaku siswa yang menjadi subjek dalam penelitian. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan triangulasi penelitian. Dari penelitian yang telah dilaksanakan, didapatkan hasil bahwa model pembelajaran kelompok dapat dioptimalkan melalui kegiatan partisipatif dengan menggunakan prosedur yang tepat, serta dapat mengoptimalkan kemampuan menulis siswa kelas 5 SD yaitu menulis laporan perjalanan wisata.


Keywords


model pembelajaran kelompok; kegiatan partisipatif; laporan perjalanan wisata

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A & Supriyono, W. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka.

Ahuja, P. (2010). Membaca Secara Efektif dan Efisien. Bandung: Kiblat.

Aqib, Z. (2002). Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.

Bahaudin, T. (2000). Brainware Management. Jakarta: P.T. Gramedia.

BSNP. (2006). Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Gipayana, M. (2016). Pengajaran Literasi dan Penilaian Portofolio dalam Konteks Pembelajaran Menulis di SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(1).

Hartati, T. (2009). Penerapan Pendekatan Conferencing dalam Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11, 47-53.


Article Metrics

Abstract has been read : 1 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.