Peningkatan kemampuan menulis karangan sederhana melalui Problem Based Learning berbantuan media gambar seri

Eni Sulistyowati, Bambang Eko Hari Cahyono, Dwi Rohman Soleh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang penerapan model Problem Based Learning dengan berbantuan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana pada siswa kelas IV SDN Tambakromo 1 Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas IV, dan siswa kelas IV. Peristiwa dalam penelitian ini adalah segala bentuk kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Dokumen penelitian ini adalah Capaian Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, dan daftar nilai. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes menulis karangan seederhana, dan dokumentasi. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi, dan lembar penilaian kemampuan menulis karangan sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis karangan sederhana dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan media gambar seri pada siswa kelas IV SDN Tambakromo 1 Padas Ngawi mengalami peningkatan, baik proses pembelajaran maupun hasil menulis karangan sederhana. Peningkatan proses pembelajaran dilihat dari meningkatnya nilai sikap siswa pada pembelajaran setiap siklus. Nilai rata-rata siswa sebelum penelitian adalah 69. Pada Siklus I nilai rata-rata siswa naik sebesar 7% menjadi 74. Pada Siklus II nilai rata-rata siswa naik 9% menjadi 82. Dari 14 siswa Kelas IV SDN Tambakromo 1 Padas Ngawi sebanyak 12 siswa atau 86% siswa mendapat nilai menulis karangan sederhana di atas kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Alam, S. (2021). Pengembangan Keterampilan Menulis. . Deepublish.

Amrilizia, N., Yusro, A. C., & Tamami, M. D. (2023). OPTIMALISASI HASIL BELAJAR IPA BERBASIS PROBELEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI LESSON STUDY. Proceedings of Life and Applied Sciences, 1.

Anwar, K. R. (2011). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan sederhana Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Universitas Pendidikan Indonesia].

Ariyanti, Y. E., & Yusro, A. C. (2023). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 2 TEGALOMBO. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2543-2559.

Batubara, H. H. (2022). Media Pembelajaran Praktis. Graha Edu.

Lestari, P. A., & Kristiantari, M. R. (2022). Media Gambar Berseri Berorientasi Problem Based Learning pada Materi Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(2), 225-233. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/46639

Setyo, A. A., Fathurahman, M., Anwar, Z., & PdI, S. (2020). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (Vol. 1). Yayasan Barcode.

Tarigan, H. G. (2019). Menulis: sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa.

Trianto, T. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Prestasi Pustaka.

Trianto, T. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana.

Waraulia, A. M. (2016). Penerapan Metode Problem Based Learning dan Media Gambar dalam Pembelajaran Membaca Cerita. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 6(01). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/301

Yusro, A. C. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS 3 MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL DI SDN 2 BANDAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2180-2191. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/9984


Article Metrics

Abstract has been read : 11 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/linguista.v7i2.19686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:


View My Stats