Nilai Sosial Dan Pendidikan Karakter Dalam Novel Hujan Karya Tere Liye

Andi Suyanto, V Teguh Suharto, Dwi Rohman Sholeh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi dan dapat menjelaskan nilai social dan nilai pendidikan karakter yang terdapat pada novel Hujan karya Tere liye. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah karya sastra novel Hujan karya Tere Liye. Peristiwa dalam penelitian ini adalah sebuah cerita yang ada pada novel. Teknik Pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan kartu data dan table tabulasi data. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan studi pustaka. Teknik Keabsahan data pada penelitian ini dengan cara triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adaah analisis isi secara interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada novel Hujan karya Tere Liye mengandung banyak nilai moral yaitu tolong menolong, memaafkan kesalahan orang lain, kepedulian, empati dan kerja sama, tanggung jawab, demokrasi, disiplin, kerja keras, mandiri dan teguh pendirian yang dapat digunakan sebagai bahan ajar sastra di sekolah yang dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari. Dalam pembelajaran ini, siswa diharapkan mampu memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan dengan kompetensi dasar mampu menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan novel dan mampu menemukan nilai-nilai religius yang ada dalam novel.


Keywords


Nilai Sosial; Pendidikan Karakter; Novel

Full Text:

PDF

References


Anwar, S. S. (2014). Tanggung Jawab Pendidikan Dalam Perspektif Psikologi Agama. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 11-21. https://core.ac.uk/download/pdf/234030668.pdf

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.

Hapsari, R. W. (2011). Kegetiran Hidup Perempuan Jawa dalam Novel.

Istiqlaliyah, N. (2020). PRINSIP-PRINSIP DEMOKRASI DALAM ALQURAN (Studi Tematik atas Ayat-ayat Shu> ra> dan Kontekstualisasinya di Indonesia) UIN Sunan Ampel Surabaya].

Kurniati, N. M. T. (2009). Memaafkan: kaitannya dengan empati dan pengelolaan emosi.

Kurniawan, D., & Wustqa, D. U. (2014). Pengaruh perhatian orangtua, motivasi belajar, dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Jurnal riset pendidikan matematika, 1(2), 176-187. http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/2674

Miladiyah, S. H. (2014). Nilai Sosial dalam Novel Kubah Karya Ahmad Tohari dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa dan Sastra di SMA Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.]. Jakarta.

Nugrahani, F. (2017). Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran bahasa Indonesia dengan Materi Membaca Novel Sastra. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 113-125. https://ojs.itapi.or.id/index.php/Edudikara/article/view/40

Sari, R. P. (2017). Strategi Inquiring Minds Want To Know untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Min Lhoknga Aceh Besar UIN Ar-raniry Banda Aceh].

Semi, M. A. (1999). Anatomi Sastra. Angkasa Raya.

Wellek, R., & Austin, W. (1995). Teori Kesusastraan. Gramedia Pustaka Utama.

Yasmin, Z. (2018). Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan komunikasi teman sebaya di Madrasah Aliyah negeri 3 Medan tahun ajaran 2015/2016 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara].

Zubaedi. (2012). Pendidikan Berbasis Masyarakat: Upaya Menawarkan Solusi Terhadap Berbagai Problem Sosial. PUSTAKA BELAJAR.


Article Metrics

Abstract has been read : 50 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/linguista.v7i2.19667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:


View My Stats