Analisis ilokusi pada iklan sabun wajah di youtube (Illocutionary analysis on facial soap ads on youtube)

Ketin Ayu Heni Tahira, Sri Utami

Abstract


Penelitian ini menganalisis tindak tutur ilokusi pada iklan sabun wajah yang tayang di youtube. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tindak tutur ilokusi pada iklan sabun wajah. Metode analisa yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif dengan cara mengamati setiap kata yang diucapkan penutur dalam iklan tersebut. Data dalam penelitian bersumber pada delapan iklan sabun wajah yang tayang di youtube selama bulan Agustus-Oktober 2022. Teknik analisa yang digunakan yaitu teknik simak bebas tanpa cakap serta dibantu dengan teknik lanjutan yaitu teknik catat. Setelah dilakukan analisa didapatkan data sebanyak 17 data antara lain yaitu tindak tutur ilokusi deklaratif sebanyak dua data, direktif sebanyak enam data, ekspresif sebanyak satu data dan reseprentatif sebanyak delapan data.

 

 


Keywords


ilokusi; iklan; data (ilocution; advertising; data)

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 8 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/linguista.v7i1.14470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:


View My Stats