Analisis perwatakan tokoh utama dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi (psikologi sastra) dan kontribusinya dalam pembelajaran sastra di MTs Parang Magetan

Hartini Hartini, Satrijo Budi Wibowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perwatakan tokoh utama dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi dan kontribusinya terhadap pembelajaran sastra di MTs Parang Magetan.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dokumen. Penelitian ini menggunakan transkrip monolog atau percakapan tokoh utama dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi, bahan kepustakaan berupa buku-buku teori penunjang penelitian dan jurnal penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi, yaitu dengan mengidentifikasi data, mengklasifikasi data, analisis datadan kontribusi hasil penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perwatakan tokoh utama dalam novel Negeri 5 Menara mencakup ramah, ragu-ragu, bertanggungjawab, egois, percaya diri, optimis, pantang menyerah, dan solidaritas.Kontribusi hasil penelitian terhadap pembelajaran sastra di MTs Parang Magetan adalah novel yang digunakan peneliti dapat digunakan untuk pembelajaran membaca karya sastra di sekolah.Hasil penelitian dapat digunakan untuk penggambaran perwatakan seorang remaja yang masih terpengaruh oleh Id, Ego, dan Superego.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perwatakan tokoh utama dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi dan kontribusinya terhadap pembelajaran sastra di MTs Parang Magetan.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dokumen. Penelitian ini menggunakan transkrip monolog atau percakapan tokoh utama dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi, bahan kepustakaan berupa buku-buku teori penunjang penelitian dan jurnal penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi, yaitu dengan mengidentifikasi data, mengklasifikasi data, analisis datadan kontribusi hasil penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perwatakan tokoh utama dalam novel Negeri 5 Menara mencakup ramah, ragu-ragu, bertanggungjawab, egois, percaya diri, optimis, pantang menyerah, dan solidaritas.Kontribusi hasil penelitian terhadap pembelajaran sastra di MTs Parang Magetan adalah novel yang digunakan peneliti dapat digunakan untuk pembelajaran membaca karya sastra di sekolah.Hasil penelitian dapat digunakan untuk penggambaran perwatakan seorang remaja yang masih terpengaruh oleh Id, Ego, dan Superego.


Keywords


perwatakan; tokoh utama; novel; psikologi sastra

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. (1987). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Malang: Cv. Sinar Baru.

Fuadi, A. (2010). Negeri 5 Menara. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kemendikbud. (2012). Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajarandi Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat PSMP Kemdiknas.

Minderop, A. (2011). Metode Karakterisasi Telaah Fiksi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Nurgiyantoro, B. (2012). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sutopo. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Waluyo. Herman J. (2002). Pengkajian Sastra Rekaan. Salatiga: Widya Sari Press Salatiga.


Article Metrics

Abstract has been read : 3221 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/linguista.v1i1.1306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:


View My Stats