Penggunaan media lagu berlirik bahasa inggris untuk meningkatkan penguasaan grammar bahasa inggris pada siswa SMA

M Mijo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan grammar Bahasa Inggris bagi siswa SMA. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMA Negeri 5 Kota Madiun pada siswa kelas XI IPS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam penguasaan grammar Bahasa Inggris siswa yang ditunjukkan dengan data adanya peningkatan penguasaan grammar bahasa Inggris siswa tersebut. Skor tata Bahasa Inggris setelah penelitian tindakan kelas dilakukan persentase peningkatannya adalah 13%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa media lagur berlirik Bahasa Inggris dapat meningkatkan penguasaan grammar siswa.


Keywords


Grammar bahasa inggris; siswa SMA; lagu Inggris

Full Text:

PDF

References


Amali, L. N., & Ibnu, M. (2018). Meningkatkan penguasaan grammar pada perfect tense melalui teknik quiz-quiz trade pada siswa KELAS XI SMA N 2 semarang tahun ajaran 2018/2019. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 12(2), 177-189.

Anggraini, R., Maisaroh, E., & Fatin, N. A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Melalui Lagu Di SMA Swasta Pelita Bulu Cina. JURNAL ABDIMAS MADUMA, 1(1), 47-55.

Degrave, P. (2019). Music in the foreign language classroom: How and why. Journal of Language Teaching and Research, 10(3), 412-420.

Iswara, C. H., Handoyo, B., & Wiyaka, W. (2018). Meningkatkan kemampuan penguasaan grammar pada should for obligation dengan menggunakan teknik make a match pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Semarang tahun ajaran 2018/2019. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 12(1), 47-53.

Khoirulhadi, M. (2020). Model Pembelajaran Kotamuvir Dan Pemanfaatan Mesowa untuk Meningkatkan Pemahaman Lirik Lagu Bahasa Inggris Siswa. utile: Jurnal Kependidikan, 6(1), 54-65.

Masruchin, U. N. (2016). Cara Kekinian Belajar Grammar Langsung Bisa. Anak Hebat Indonesia.

Megawati, M., Fitriani, D., Nurwiatin, N., & Mukaddamah, I. (2022). Hubungan antara ketertarikan mahasiswa dengan lagu terhadap kemampuan berbicara bahasa inggris. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(11), 3551-3556.

Melalolin, L. V. (2020). Pemanfaatan Lagu Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Simple Past Tense. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 108-119.

Muliana, I. N. (2020). Mengatasi Kesulitan Dalam Berbahasa Inggris. Linguistic Community Services Journal, 1(2), 56-63.

Mulyadi, D., & Mutmainnah, Y. (2015). Penggunaan Film Berbahasa Inggris dengan English Subtitle dalam Meningkatkan Keterampilan Listening. Prosiding Seminar Nasional & Internasional,

Nurdiawati, D. (2020). Peranan Ekstrakurikuler Escs (English Student Community Of Smansa) Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Sma Negeri 1 Purwokerto. Seminar Nasional Pendidikan Dasar,

Nurhayati, L. (2009). Penggunaan Lagu Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Siswa SD; Mengapa dan Bagaimana. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 5(1).

Purnaningsih, P. (2017). Strategi Pemanfaatan Media Audio Visual untuk Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2(1), 34-41.

Sulaymonova, D. H. (2019). Using music and song in teaching foreign languages. International scientific review(LXIV), 72-74.

Sutrisno, J., & Karnadi, V. (2021). Aplikasi pendukung pembelajaran bahasa inggris menggunakan media lagu berbasis android. Computer and Science Industrial Engineering (COMASIE), 4(6), 31-41.

Suwartono, S., & Rahadiyanti, D. P. (2014). Penggunaan media lagu untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran struktur bahasa inggris. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(1).

Visakha, J. A. (2019). Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Tata Bahasa Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Bahasa Inggris. INFERENCE: Journal of English Language Teaching, 2(1), 68-79.

Zulfa, R. A. A., & Utami, H. T. (2020). Upaya peningkatan pembelajaran bahasa inggris melalui lagu dan permainan edukatif pada siswa SD Negeri Nusamangir. Journal of Education and Teaching, 3(1), 51-59.


Article Metrics

Abstract has been read : 1839 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/linguista.v6i1.12975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:


View My Stats