Pendekatan saintifik dalam pembelajaran menulis resensi cerpen pada siswa Kelas XI SMK

Maharani Ria Fauzani, V Teguh Suharto, Lulus Irawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kendala-kendala yang dihadapi guru dan siswa saat menggunakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran menulis resensi cerpen pada siswa kelas XI OTKP SMK Roudlotul Huda Magetan tahun pelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI OTKP SMK Roudlotul Huda Magetan tahun pelajaran 2021/22 yang berjumlah 31 siswa. Teknik keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode pengamatan dan meningkatkan ketekunan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan analisis dokumen. Teknik analisis data digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verification. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Kendala sarana dan prasarana sekolah yang kurang menunjang kegiatan belajar mengajar Kendala guru kurangnya variasi dalam menyampaikan materi pelajaran, dalam menyampaikan materi kepada siswa hanya menggunakan metode ceramah tanpa divariasikan dengan menggunakan media pembelajaran yang lain sebagai pendukung. (2) Hasil kuisioner menunjukkan dari 31 siswa, terdapat 7 orang siswa (22,58%) mendapatkan nilai menulis resensi cerpen dengan kategori sangat baik, selain itu, sebanyak 20 orang siswa (64,51%) mendapatkan nilai menulis resensi cerpen dengan kategori baik, dan terdapat 4 orang siswa (12,90%) mendapat nilai menulis resensi cerpen dengan kategori cukup baik.


Keywords


implementasi pendekatan saintifik; pembelajaran; menulis resensi cerpen

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2018). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Refika Aditama.

Andrianto, A. (2011). Menaklukkan Media Berbagai Pengalaman Menulis Opini & Resensi Buku. PT Elex Media Komputinda.

Dalman, H. (2018). Keterampilan Menulis. PT. Raja Grafindo.

Daryanto, D. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Gava Media.

Gafur, A. (2019). Desain Pembelajaran, Konsep, Model dan Aplikasinya Dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran. Penerbit Ombak.

Hamidah, S. (2015). Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Teks Cerita Pendek pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 1(1), 107-117.

Kosasih, E. (2019). Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Yrama Widya.

Mariyana, R. E., Hilal, I., & Widodo, M. (2013). Kemampuan menulis buku harian pada siswa kelas VII MTS AL-Hidayah Sri Kuncoro. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 1(7).

Mustika, R., Septiani, D., & San Fauziya, D. (2019). Keefektifan Model Problem Posing Pada Pembelajaran Menulis Teks Resensi Cerpen Di Kelas XI SMAN 1 Cikalongwetan. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 2(2), 197-202.

Nurgiyantoro, B. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press.

Purnama, A., Markhamah, M., & Prayitno, H. J. (2016). Implementasi Pembelajaran Berpendekatan Saintifik: Keterampilan Guru Mapel Bahasa Indonesia. Implementasi Pembelajaran Berpendekatan Saintifik: Keterampilan Guru Mapel Bahasa Indonesia. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(2).

Sapdiani, R., Maesaroh, I., Pirmansyah, P., & Firmansyah, D. (2018). Analisis struktural dan nilai moral dalam cerpen “kembang gunung kapur” karya hasta indriyana. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(2), 101-114.

Widiyanti, A. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi dengan Media Audio Visual Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pembelajaran 2016/2017 State University of Surabaya].


Article Metrics

Abstract has been read : 908 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/linguista.v6i1.12029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:


View My Stats