Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Sikap Kreatif Siswa

Fitriana Fitriana, Nurma Izzati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran carousel feedback , 2) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran carousel feedback terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, dan 3) mengetahui peningkatan sikap kreatif secara deskriptif dalam pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran umpan balik korsel . Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. penelitian ini menggunakan kuantitatif bersifat eksperimen dengan desain one group pretest – posttest design .Populasi dalam penelitian di seluruh siswa kelas IV di MTs Ash – Shiddiqiyyah Kaliwadas tahun ajaran 2020/2021 membuka 124 siswa. Teknik sampel yang digunakan purposive sampling dan sampel yang dipilih adalah kelas VII B MTs Ash – Shiddiqiyyah Kaliwadas tahun ajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan adalah tes, angket, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran carousel feedback memiliki nilai rata-rata sebesar 82,33% dengan kategori baik, 2) pengaruh penerapan model pembelajaran carousel feedbackdalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa 0,740 atau 74% dan sisanya sebesar 26% dipengaruhi oleh faktor lain, 3) sikap kreatif siswa dalam menerapkan model pembelajaran carousel feedback dari pertemuan pertama sampai dengan pertemuan empati mengalami peningkatan, hasil akhir yang diperoleh dari nilai rasa ingin tahu sebesar 7,5, bersifat imajinatif 3,5, merasa tertantang oleh kemajemukan 7,5, berani mengambil resiko 10 ,16, dan sikap mengahargai 4.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 445 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.9548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)