Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Software Geometer’s Sketchpad

Gida Kadarisma, Nanang Priatna, Jarnawi Afgani Dahlan

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman siswa pada materi geometri khususnya sudut dan garis. Karena objek-objek geometri bersifat abstrak maka dalam belajar geometri diperlukan suatu bahan ajar yang didalamnya terdapat cara-cara penemuan konsep dengan bimbingan guru serta bantuan software agar siswa lebih mudah mengeksplorasi objek-objek secara dinamis dan akurat. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKS dengan model inkuiri terbimbing berbantuan Software Geometer’s Sketchpad pada materi sudut dan garis. Dengan demikian metode dalam penelitian ini adalah metode pengembangan model 4D yaitu Define  (pendefinisian), design (perancangan), develop (Pengembangan), dan disseminate (Penyebaran). Pada tahap pendefinisian dilakukan analisis KD dan bahan ajar yang digunakan sekolah, pada tahap perancangan dilakukan pembuatan storyboard, pemilihan cover, background, dan pengunduhan gambar untuk konten LKS. Pada tahap pengembangan dilakukan penilaian oleh validator ahli dan praktisi selanjutnya dilakukan revisi atas catatan-catatan dari ahli kemudian pada tahap penyebaran dilakukan uji coba LKS kepada sampel terbatas yaitu 23 siswa di salah satu sekolah SMP di Cimahi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi untuk mengukur kelayakan LKS yang dilakukan oleh 3 orang ahli dan lembar praktikabilitas untuk mengukur kepraktisan LKS yang dilakukan oleh 3 orang praktisi guru. Selain itu instrument  tes sebanyak 5 butir soal untuk mengukur efektifitas LKS setelah diimplementasikan. Hasil dari penelitian ini yaitu LKS yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, sangat praktis dan efektif. Implikasi dari penelitian ini LKS yang dikembangkan dapat digunakan guru agar siswa mudah memahami konsep pada materi sudut dan garis.


Full Text:

PDF

References


Ananda, R. P., Sanapiah, S., & Yulianti, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas Vii Smpn 7 Mataram Dalam Menyelesaikan Soal Garis Dan Sudut Tahun Pelajaran 2018/2019. Media Pendidikan Matematika, 6(2), 79. https://doi.org/10.33394/mpm.v6i2.1838

Andreas, S. (2019). PISA 2018: Insights and Interpretations. OECD Publishing.

Aripin, U. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Smp Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah. P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 120. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i1p120-127.171

Badraeni, N., Pamungkas, R. A., Hidayat, W., Rohaeti, E. E., & Wijaya, T. T. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematik Dalam Mengerjakan Soal Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 247–253. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.195

Damayanti, D. S., Ngazizah, N., & Setyadi K, E. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa ( LKS ) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Radiasi, 3(1), 58–62.

Dimakos, G., & Zaranis, N. (2010). The influence of the geometer’s sketchpad on the geometry achievement of greek school students. Teaching of Mathematics, 13(2), 113–124.

Ekawati, A. (2016). Penggunaan Software Geogebra Dan Microsoft Mathematic Dalam Pembelaran Matematika. Math Didactic, 2(3), 148–153. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.43

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569.

Hapsari, M. J. (2011). Upaya Meningkatkan Self-Confidence Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Inkuiri Terbimbing. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 337–345.

Hernawati, K., Mahmudi, A., & Lestari, H. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Berbasis ICT untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1029051004, 1–6.

Hodiyanto, & Santoso, D. (2019). Geometer ’ s Sketchpad ( GSP ) dan Pemahaman Konsep Geometri Analitik Bidang. Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 10(2), 153–158.

Kadarisma, G., & Amelia, R. (2018). Epistemological Obstacles in Solving Equation of Straight Line Problems. International Conference on Mathematics and Science Education of Universitas Pendidikan Indonesia, 905–910.

Karim, A., & Nurrahmah, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Teori Bilangan. Jurnal Analisa, 4(1), 179–187. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.2101

Kesan, C., & Caliscan, S. (2013). The Effect Of Learning Geometry Topics Of 7 Th Grade In Primary Education With Dynamic Geometer`s Sketchpad Geometry. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 12(1), 131–139.

Lexbin, M., & Natalia, S. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Geometris Siswa Smp Melalui Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Software Geometer’S Sketchpad. Jurnal Dinamika Pendidikan, 7(1), 27–39.

Lindawati, S. (2010). Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan, 2, 2.

Nila, K. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Prosiding SeminarNasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta, 229–235.

Nugraha, D. A. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Program Geometer’S Sketchpad Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Multipel Matematis Siswa. TEOREMA : Teori Dan Riset Matematika, 1(2), 1. https://doi.org/10.25157/teorema.v1i2.545

Puadi, E. F. W., & Habibie, M. I. (2018). Implementasi PBL Berbantuan GSP Software Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1), 19. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i1.2091

Puji, H. (2009). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT dalam Pembelajaran Geometri [Universitas Negeri Yogyakarta]. Staff. Uny. Ac. Id/Sites/Default/Files/132280881/Pemanfaatan%25 20media%25 20pembelajaran%25 20berbasis%25 20ict%25 20dalam%25 20pembelajaran%25 20GEOMETRI_0. Pdf.

Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Self Confidence Siswa MTs Di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, 9(1), 16–25. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/didaktik/issue/view/18

Putra, H. D., Setiawan, H., Nurdianti, D., Retta, I., & Desi, A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Di Bandung Barat. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2981

Rahmawati, D. (2013). Penerapan Metode Pembelajaran Penemuan Berbantuan Software Geometer’S Sketchpad (Gsp) Pada Materi Teorema Pythagoras Di Kelas Viii-Bilingual Smp Al-Azhar Menganti Gresik. MATHEdunesa, 2(1).

Ramdani, M., & Apriansyah, D. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Mts pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.46

Riduwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.


Article Metrics

Abstract has been read : 70 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)