Analisis Kebutuhan Video pada Pembelajaran Matematika Mahasiswa Calon Guru di Masa Pandemi Covid-19

Sopi Saniah Trilani, Eyus Sudihartinih

Abstract


Penelitian mengenai analisis kebutuhan video pada pembelajaran matematika mahasiswa calon guru ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kebutuhan mahasiswa dalam penggunaan media video pembelajaran di masa pandemi covid-19 ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Partisipan penelitian ini adalah 80 mahasiswa calon guru matematika di salah satu Universitas Negeri yang berada di Jawa Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah angket dan wawancara. Pada penelitian ini mengacu pada empat indikator yaitu alat indera, rangsangan jelas, perhatian yang tertuju, dan waktu cukup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada mahasiswa yang masuk kategori sangat butuh media video pembelajaran, semua mahasiswa dengan kategori butuh, dan satu mahasiswa dengan kategori tidak butuh. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mahasiswa calon guru membutuhkan media video untuk pembelajaran matematika di masa pandemic covid-19.

 


Keywords


Video pembelajaran; Kuantitatif deskriptif; Mahasiswa calon guru; Matematika; Covid-19

Full Text:

PDF

References


Agustiningsih, A. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 50. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.72

Alamsyah, R., Toenlioe, A. J. E., & Husna, A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Kepenyiaran Materi Produksi Program Televisi Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 229–236.

Ammy, P. M., & Wahyuni, S. (2020). Analisis motivasi belajar mahasiswa menggunakan video pembelajaran sebagai alternatif pembelajaran jarak jauh (PJJ). Jurnal Matematics Pedagogic, 5(1), 27–35.

Arcat. (2020). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Komputer 1 Mahasiswa Pendidikan Matematika Semester II TP. 2019/2020 Universitas Pasir Pengaraian. Jurnal Absis : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 250–256. https://doi.org/10.30606/absis.v3i1.496

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 47. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.741

Bayu, I. (2013). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran Di Kelas V Sdn Karangayu 02 Semarang.

Hudoyo, H. (2003). Herman Hudoyo,. In Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Jendral No. 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) (Issue 09).

Lubis, E. R. (2018). Deskripsi Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Aljabar. Journal of RESIDU, 2(10), 9–10.

Makplus, O. (2015). Definisi atau Pengertian Media Pembelajaran Menurut Ahli. http://www.definisi-pengertian.com/2015/10/definisi-pengertian-media-pembelajaran-ahli.html

Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630–1640. https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416

Mufarokah, A. (2015). Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Pemahaman Shalat Fardlu Pada Siswa Kelas II.

Muhson, A. (2006). Teknik Analisis Kuantitatif. Universitas Negeri Yogyakarta.

Nugraha, S. A., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar. Journal Inovasi Pendidikan, 3(1).

Prasetyo, H. A. (2013). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Komputer Pada Kelas IV A SDN Bendan Ngisor.

Purbayanti, H. S., & Oktaviani, D. N. (2020). Analisis Kebutuhan Video Pembelajaran Matematika Pada Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 3–6.

Putri, G. S. (2020). WHO Resmi Sebut Virus Corona Covid-19 sebagai Pandemi Global. Kompas.Com. https://www.kompas.com/sains/read/2020/03/12/083129823/who-resmi-sebut-virus-corona-covid-19-sebagai-pandemi-global

Siagian, M. D. (2012). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ Dengan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 1(2), 58–67.

Sigit, S., Wahyudi, & Budi, S. (2009). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik (Pmr) Dalam Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan Pada Siswa Kelas V Sd. Jurnal FKIP UNS.

Suningsih, A., Sulistiani, & Suminto. (2020). Pembelajaran Daring dengan Intervensi Video Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal E-DuMath, 7(1), 27–34.

Supit, D. (2020). Hubungan Media Pembelajaran Video dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Advent Tikala. CogITo Smart Journal, 6(1), 73–82.

Tamu, S. D., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2020). Pengembangan Modul dan Video Pembelajaran Matematika Persiapan Ujian Nasional pada Materi Dimensi Tiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 21–31. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4558

Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kuantitatif. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. https://ci.nii.ac.jp/naid/40021243259/

Widyastuti, C. (2017). Tanggapan Siswa Kelas VII Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri 2 Pleret. In eprints.uny.ac.id (Vol. 4).


Article Metrics

Abstract has been read : 157 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)