Respon Siswa terhadap Penggunaan Video Youtube sebagai Media Pembelajaran Daring Matematika

Humaidi Humaidi, Abd Qohar, Swasono Rahardjo

Abstract


Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan proses pembelajaran harus dilaksanakan secara dalam jaringan (daring) bagi sebagian besar sekolah di daerah terdampak. Pada pembelajaran secara daring, terdapat keterbatasan waktu dan ruang bagi guru dalam membimbing siswa mempelajari materi. Penggunaan video pembelajaran melalui Youtube yang dapat diakses secara daring merupakan salah satu alternatif solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan video Youtube sebagai media pembelajaran daring matematika. Respon siswa ini berguna untuk mengetahui sejauh mana tanggapan dan reaksi siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan, sehingga dapat dijadikan bahan refleksi serta referensi dalam merancang pembelajaran di masa yang akan datang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan angket untuk mendapatkan data respon dari siswa. Berdasarkan angket respon yang diberikan kepada 238 siswa SMKN 1 Malang, diperoleh hasil rata-rata persentase skor keseluruhan indikator mencapai 82%. Hal ini menunjukkan bahwa respon siswa terhadap penggunaan media video Youtube pada pembelajaran matematika adalah sangat positif. Namun perlu adanya perhatian khusus terkait penyajian tampilan video dan struktur penyampaian materi sehingga siswa lebih tertarik dan percaya diri setelah menggunakan media.

Keywords


Youtube; video pembelajaran; pembelajaran matematika; pembelajaran daring; respon siswa.

Full Text:

PDF

References


Akcapinar, G., & Bayazit, A. (2018). Investigating Video Viewing Behaviors of Students with Different Learning Approaches Using Video Analytics. Turkish Online Journal of Distance Education, 19(4), 116–125.

Angkananon, K., & Wald, M. (2018). An experimental study of subtitled online video supporting Thai students learning English IT Content. Teaching English with Technology, 18(4), 48–70.

Chandra, F. H., & Nugroho, Y. W. (2017). Implementasi flipped classroom dengan video tutorial pada pembelajaran fotografi komersial. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 20–36.

Costley, J., & Lange, C. H. (2017). Video lectures in e-learning: Effects of viewership and media diversity on learning, satisfaction, engagement, interest, and future behavioral intention. Interactive Technology and Smart Education, 14(1), 14–30. https://doi.org/10.1108/ITSE-08-2016-0025

Daniati, N. T. (2020). Video Referensi sebagai Solusi Pembelajaran Animasi 3D di tengah Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 64–70.

datareportal.com. (2020). Digital 2020: Global Digital Yearbook—DataReportal – Global Digital Insights. https://datareportal.com/reports/digital-2020-global-digital-yearbook

Dhaqane, M. K., & Afrah, N. A. (2016). Satisfaction of Students and Academic Performance in Benadir University. Journal of Education and Practice, 5.

Hatta, M. (2017). Unsur-Unsur Dinamis Pembelajaran Fasilitas Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kepuasan Siswa MTs. Manajemen Pendidikan, 12(1), 38–47. https://doi.org/10.23917/jmp.v12i1.2973

Hidayati, N. (2013). Respon Guru Dan Siswa Terhadap Pembelajaran Permainan Bolavoli yang Dilakukan dengan Pendekatan Modifikasi (Pada Siswa Kelas V SDN Wateswinangun I Sambeng-Lamongan). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1(1).

Ko, W.-H., & Chung, F.-M. (2014). Teaching Quality, Learning Satisfaction, and Academic Performance among Hospitality Students in Taiwan. World Journal of Education, 4(5), 10.

Li, X., & Yang, X. (2016). Effects of Learning Styles and Interest on Concentration and Achievement of Students in Mobile Learning. Journal of Educational Computing Research, 54(7), 922–945. https://doi.org/10.1177/0735633116639953

Lijana, L., Panjaitan, R. G. P., & Wahyuni, E. S. (2020). Respon siswa Terhadap Media Pembelajaran Komik pada Materi Ekologi di kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(3).

Nurlatipah, N., Juanda, A., & Maryuningsih, Y. (2015). Pengembangan media pembelajaran komik sains yang disertai foto untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 SUMBER pada pokok bahasan ekosistem. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 4(2).

Nursyam, A. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18(1), 811–819.

Pekdağ, B. (2020). History-Based Instruction Enriched with Various Sources of Situational Interest on the Topic of the Atom: The Effect on Students’ Achievement and Interest. Res Sci Educ, 29.

Putra, I. D. G. R. D. (2019). Peran Kepuasan Belajar Dalam Mengukur Mutu Pembelajaran Dan Hasil Belajar. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(1), 22–31. https://doi.org/10.25078/jpm.v5i1.756

Riduwan, M. B. A. (2007). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214–224.

Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Soliha, S. F. (2015). Tingkat ketergantungan pengguna media sosial dan kecemasan sosial. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 1–10.

Srinivasacharlu, A. (2020). Using YouTube in Colleges of Education. Shanlax International Journal of Education, 8(2), 21–24.

Süren, N., & Kandemir, M. A. (2020). The Effects of Mathematics Anxiety and Motivation on Students’ Mathematics Achievement. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 8(3), 190. https://doi.org/10.46328/ijemst.v8i3.926

Tarida, L. (2020). Pemanfaatan Google Classroom dan Video Pembelajaran berbasis Problem Solving sebagai Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Era Pandemi Covid-19. Saintara: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Maritim, 5(1), 16–20.

Tutiasri, R. P., Laminto, N. K., & Nazri, K. (2020). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi, Masyarakat Dan Keamanan, 2(2).

Wong, S. L., & Wong, S. L. (2019). Relationship between interest and mathematics performance in a technology-enhanced learning context in Malaysia. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 14(1), 21. https://doi.org/10.1186/s41039-019-0114-3


Article Metrics

Abstract has been read : 8313 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)