Penerapan Pembelajaran Teams Games and Tournament Secara Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa

Rohyatun Handayaningsih, Erry Hidayanto, Abdul Qohar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan Teams Games and Tournament pada pembelajaran daring mata pelajaran Matematika dalam upaya meningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, adapun tahapan dalam setiap siklusnya meliputi: (1) perencanaaan, (2) pelaksanaan dan pengamatan serta (3) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas VII B Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 8 Gunungkidul. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti dan instrumen pendukung adalah lembar observasi, angket serta soal tes. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi pembelajaran, dan pemberian angket serta tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif. Hasil penelitan menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran tipe Teams Games and Tournament (TGT) secara daring dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa. Hal ini ditunjukkan data hasil observasi keaktifan sebesar 39,60% pada siklus I, mengalami kenaikan pada siklus II menjadi 70,40%. Sedangkan data pada angket menunjukkan hasil keaktifan pada siklus I sebesar 67,44% meningkat menjadi 80,56% pada siklus II. Hasil ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 39 % meningkat  menjadi 71% pada siklus II.


Keywords


Teams Games and Tournament; Keaktifan; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Avivah, N. M., & Suryaningrat, E. F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Matematika. 4th National Seminar on Guidance and Counseling (SNBK 2019) and Workshop on Pedagogical Theory and Practice (WTPP 2019), 171–177. Jawa Tengah: Universitas Sebelas Maret.

George, M. L. (2020). Effective Teaching and Examination Strategies for Undergraduate Learning During COVID-19 School Restrictions. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 23–48.

Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Jawa Pos. (2020, Oktober). Mengatasi Kejenuhan anak Sealama PJJ di Masa pandemi. Jawa Pos.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Kemendikbud.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99–110.

Mulyasa. (2004). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Primandari, P. A., Sulasmono, B. S., & Setyaningtyas, E. W. (2019). Perbedaan Pengaruh Model Kooperatif Tipe TGT dan STAD dengan Multimedia Interaktif Ceria Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran Tematik Kelas 5 SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 83–91.

Rasmitadila, R., Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The Perceptions of Primary School Teachers of Online Learning during the COVID-19 Pandemic Period: A Case Study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90–109.

Romero-Ivanova, C., Shaughnessy, M., Otto, L., Taylor, E., & Watson, E. (2020). Digital Practices & Applications in a Covid-19 Culture. Higher Education Studies, 10(3), 80.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK, 6(2), 214–224.

Santos-Trigo, M. (2020). Problem-Solving in Mathematics Education. Dalam S. Lerman (Ed.), Encyclopedia of Mathematics Education (hlm. 686–693). Cham: Springer International Publishing.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sulistiawati, A., & Hanif Azizah, N. A. (2019). Pemanfaatan Web-Educative sebagai Sumber Belajar Berbasis STEM. Seminar Nasional Pendidikan (Sendika), 3, 1–8. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Susanti, E., Nandang, & Puri, I. D. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Aplikasi Barisan. M A T H L I N E, Jurnal matematika dan pendidikan Matematika, 5(1), 37–46.

Verauli, R. (2020, Oktober). Kembangkan Anak Belajar Mandiri. Jawa Pos.

Weinhandl, R., Lavicza, Z., & Houghton, T. (2020). Designing Online Learning Environments for Flipped Approaches in Professional Mathematics Teacher Development. Journal of Information Technology Education: Research, 19, 315–337.

Wenas, E. J. R., Regar, V. E., & Pontomudis, H. W. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Barisan dan Deret Bilangan. Jsme (Jurnal Sains, Matematika Dan Edukasi), 8(2), 186–189.

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, And Vocational Education), 1(2), 128–139.

World Health Organization. (2019). Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public.

Yamin, M. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung.

Yao, J., Rao, J., Jiang, T., & Xiong, C. (2020). What Role Should Teachers Play in Online Teaching during the COVID-19 Pandemic? Science Insights Education Frontiers, 5(2), 517–524.

Yunita, A., Juwita, R., & Kartika, S. E. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 23–34.


Article Metrics

Abstract has been read : 120 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.8639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)