Komunikasi Matematis Tulis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika

Muhammad Awwalul Ikhtiar, Sudirman Sudirman, Erry Hidayanto

Abstract


Komunikasi merupakan salah satu bagian terpenting dalam pembelajaran dan pendidikan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi matematis tulis siswa kelas VIII.7 SMPN 14 Malang dalam memecahkan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.  Terdapat 3 subjek pada penelitian ini yang dipilih berdasarkan nilai ulangan akhir semester ganjil pelajaran matematika dan mempertimbangkan saran guru yang mewakili masing-masing kategori kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh hasil bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi akurat, lengkap dan lancar untuk setiap langkah penyelesaian yang ada, yaitu memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Siswa dengan kemampuan matematika sedang akurat dalam memahami masalah dan membuat rencana, sedangkan dalam melaksanakan rencana dan memeriksa kembali siswa tersebut tidak akurat dan siswa tersebut lengkap dan lancar untuk setiap langkah penyelesaian. Siswa dengan kemampuan matematika rendah tidak memiliki keakuratan dalam setiap langkah penyelesaian, sedangkan dalam kategori lengkap siswa tersebut tidak lengkap pada langkah memeriksa kembali dan pada kategori kelancaran siswa tersebut lancar untuk setiap langkah penyelesaian yang ada.


Keywords


komunikasi matematis tulis; pemecahan masalah matematika

Full Text:

PDF

References


Achir, Y. S., Usodo, B., & Retiawan, R. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) ditinjau dari Gaya Kognitif. PAEDAGOGIA Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 78. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i1.16600

Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. 1(2), 10.

As’ari, A. R. (2009). Representasi: Pentingnya dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika, 7(2).

Asmana, A. T. (2018). Pengembangan Rubrik Analitik untuk Asesmen Komunikasi Matematika Tertulis dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5, 14.

Dewi, I. (2014). Profil Keakuratan Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Ditinjau dari Perbedaan Jender. Jurnal Didaktik Matematika, 1, 12.

Hirschfeld-Cotton, K. (2008). Mathematical Communication, Conceptual Understanding, and Students’ Attitudes Toward Mathematics. Action Research Projects, 54.

Isroil, A., Budayasa, I. K., & Masriyah, M. (2017). Profil Berpikir Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 2(2), 93–105. https://doi.org/10.15642/jrpm.2017.2.2.93-105

Kemendikbud. (2017). Matematika Kelas VIII SMP/MTs Semester 1. Pusat Kurikulum dan Pembukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Masrukan, Susilo, B. E., & Pertiwi, A. D. (2015). ANALYSIS OF MATHEMATICAL COMMUNICATION ABILITY THROUGH 4K MODEL BASED ON 7th GRADERS’ PERSONALITY TYPES. International Journal of Education and Research, 3(7), 10.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States if America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

OECD. (2013). PISA 2012 Results: Ready to Learn: Students’ Engagement, Drive and Self-Beliefs (Volume III). OECD Publishing. http://dx.doi.org/10.1787/9789264201170-en

Polya, G. (1973). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method (Expanded Princeton Science Library ed). Princeton University Press.

Pramestasari, A. E. (2020). Scaffolding untuk Membantu Komunikasi Matematis Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended.

Pugalee, D. K. (2001). Spotlight on The Standards: Using Communication to Develop Student’s Mathematical Literacy. Mathematics Teaching in Middle School, 6, No.5, 296–297.

Purwasih, R., & Bernad, M. (2018). Pembelajaran Diskursus Multi Representasi terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Mahasiswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 43. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.13589

Ramellan, P., & Musdi, E. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 6.

Saekhoni, B. (2017). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis tulis siswa kelas VIII MTsN Aryojeding tahun ajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Masa Depan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiarto, H., & Budiarto, M. T. (2014). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah ditinjau dari Kemampuan Matematika. Mathedunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3, 6.

Yusra, D., & Saragih, S. (2016). The Profile of Communication Mathematics and Students’ Motivation by Joyful Learning-based Learning Context Malay Culture. British Journal of Education, Society & Behavioural Science, 15(4), 1–16. https://doi.org/10.9734/BJESBS/2016/25521


Article Metrics

Abstract has been read : 214 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v10i1.8398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)