EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DENGAN TANPA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VII SMP N 2 WUNGU

Tri Andari, Agung Prastyo Pambudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw menggunakan alat peraga lebih efektif dari pada Jigsaw tanpa menggunakan alat peraga terhadap prestasi belajar matematika. (2) Apakah siswa dengan kecerdasan emosional tinggi lebih baik dari pada kecerdasan emosional sedang dan kecerdasan emosional sedang lebih baik dari pada kecerdasan emosional rendah terhadap prestasi belajar matematika. (3) Apakah ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw menggunakan alat peraga lebih baik dari pada model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw tanpa menggunakan alat peraga terhadap prestasi belajar matematika pada siswa yang mempunyai kecerdasan emosional tinggi, sedang maupun rendah. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Fobs=2,42<Ftabel=4,052, Ada perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw menggunakan alat peraga dengan Jigsaw tanpa menggunakan alat peraga terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kecerdasan emosional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wungu semester genap tahun pelajaran 2014/2015. (2) Fobs=19,86>Ftabel=3,165, Prestasi belajar matematika siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi lebih baik dari pada siswa yang memiliki kecerdasan emosional sedang, siswa yang memiliki kecerdasan emosional sedang sama dengan siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah dan siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi lebih baik dari pada siswa yamg memiliki kecerdasan emosional rendah. (3) Fobs=3,28>Ftabel=3,165, Ada interaksi antara pembelajaran dengan model pembelajaran Jigsaw menggunakan alat peraga dan model pembelajaran jigsaw tanpa menggunakan alat peraga ditinjau dari kecerdasan emosional siswa tinggi, sedang maupun rendah terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wungu.

Keywords


Model Pembelajaran; Kooperatif Tipe Jigsaw; Alat Peraga; Kecerdasan Emosional

Full Text:

PDF

References


Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Suprijono Agus. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract has been read : 751 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v4i1.838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika



 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)