Pengaruh Model Pembelajaran CPS Berbantuan GeoGebra Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematika

Rosalia Made Veny Nidia Sari, I Made Ardana, Gede Suweken

Abstract


Penelitian ini bertujuan 1)untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran CPS berbantuan GeoGebra lebih baik dari pada model pembelajaran CPS; 2)untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran CPS berbantuan GeoGebra lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional; 3)untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran CPS lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian sebanyak 490 siswa kelas X SMAN 1 Kuta Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel terbagi menjadi 6 ditentukan dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kreatif dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Data dianalisis menggunakan uji MANOVA. Hasil analisis menunjukkan 1)Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran CPS berbantuan GeoGebra lebih baik dari pada model pembelajaran CPS; 2)Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran CPS berbantuan GeoGebra lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional; 3)Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran CPS lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional.


Keywords


GeoGebra; Kemampuan Berpikir Kreatif; Kemampuan Pemecahan Masalah; Model Pembelajaran CPS

Full Text:

PDF

References


Andriani, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Mahasiswa FMIPA Pendidikan Matematika Melalui Model Pembelajaran Improve. Jurnal Tarbiyah, 23 (March), 83–100.

Ardana, I. M., Ariawan, I. W., & Divayana, D. H. (2018). Budaya dalam Pembelajaran Matematika. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Candiasa, I. M. (2010). Statistik Univariat dan Bivariat disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Doss, K. K. (2018). Providing Opportunities for “Flow” Experiences and Creative Problem-Solving through Inquiry-Based Instruction. Global Education Review, 5(1), 108–122.

Faradisa, M. (2018). Penggunaan Aplikasi Geogebra pada Pembelajaran Matematika Materi Poligon dan Sudut Sebagai Sarana Meningkatkan Kemampuan Siswa. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 1(2), 166.

Ginting, E., Purwanto, S., & Faradillah, A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Gammath, 4(1).

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569.

Hasanah, K. (2010). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kratif Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Pembelajaran Kontekstual Menekankan Pada Intuisi Matematis. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, November, 168–179.

Jailani. (2017). Desain Pembelajaran Matematika untuk Melatihkan Higher Order Thinking Skills. In Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis, 53(9)

Mahmudi, A. (2011). Pemanfaatan Program Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 10–19

Maulana. (2015). Interaksi Pbl-Murder, Minat Penjurusan, Dan Kemampuan Dasar Matematis Terhadap Pencapaian Kemampuan Berpikir Dan Disposisi Kritis. Mimbar Sekolah Dasar, 2(1), 1–20

Muhsetyo, G. (2008). Pembelajaran Matematika SD. In Universitas Terbuka.

Mutiarawati, I. S., Supandi, S., & Rahmawati, N. D. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran CPS Berbantuan Media Geogebra terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(4), 24–29

OECD. (2018). Programme for International Student Assessment (PISA) result from PISA 2018

Pepkin. (2004). Creative problem solving. TAPPI - Polymers, Laminations and Coatings Conference, 1, 277–287

Rahmazatullaili, R., Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2017). Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa melalui penerapan model project based learning. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 166–183

Santi, I., Maimunah, M., & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smk Pada Materi Barisan Dan Deret Di Kota Pekanbaru. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 95–106

Sari, W., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving ( Cps ) Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(5), 551–564

Sulistyorini, S. (2007). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. In Persepsi Masyarakat Terhadap Perawatan Ortodontik Yang Dilakukan Oleh Pihak Non Profesional (Vol. 53, Issue 9). Tiara Wacana

Suweken. (2015). GeoGebra The Inevitable Math Tool. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Widiani, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran PKn. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 11, 11(5), 62–73

Yeo, K. (2009). Secondary 2 Students’ Difficulties in Solving Non-Routine Problems. International Journal for Mathematics Teaching and learn, 1–30.


Article Metrics

Abstract has been read : 326 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v9i2.8279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)