Analysis of USBN Items in Mathematics at MTS Madani Alauddin

Tarmizi Ramli, Sitti Mania, Andi Ika Prasasti Abrar, Fitriani Nur, Lisnasari Andi Mattoliang

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis item matematika USBN (The National Standard School Examination) di MTs Madani Alauddin. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MTs Madani Alauddin melalui lembar jawaban 113 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan aplikasi Anates V4. Hasil penelitian menggunakan aplikasi versi 4.09 menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kesulitan pertanyaan yang diperoleh, ada 16 item (45,71%), sedang dengan 19 poin (54,29%) dan tidak ada pertanyaan mudah. (2) Berdasarkan kriteria perbedaan daya yang diperoleh dengan perbandingan 12 item (34,29%), sedang 7 poin (20%), cukup bagus 6 poin (17,14%), dan sangat bagus 10 poin (28,57%). (3) Berdasarkan efektivitas penipuan diperoleh 10 item (33,33%) dalam kategori sangat baik, 9 item (30%) dalam kategori baik, 3 item (7,5%) dalam kategori buruk, 8 item (26,67%) dalam kategori buruk dan tidak ada dalam kategori sangat buruk. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa ada 9 item (25,71%) dalam pertanyaan kualitas baik, 11 item (31,43%) dalam pertanyaan kualitas buruk, dan 15 item (42,86%) dalam kualitas buruk. Pertanyaan kualitas dapat dimasukkan ke pertanyaan bank, item yang tidak dapat direvisi, dan item yang lebih buruk tentang pertanyaan masalah baru


Keywords


Analisis Poin Masalah; Tingkat Kesulitan; Kekuatan Membedakan; Efektivitas Tipuan; AnatesV4

Full Text:

PDF

References


Boopathiraj, C., and K. Chellamani. 2013. “Analysis of Test Items on Difficulty Level and Discrimination Index in the Test for Research in Education.” International Journal of Social Science & Interdisciplinary Research 2(2):189–93.

BSNP. 2018. Tanya Jawab Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun Pelajaran 2017/2018. Jakarta: BSNP.

Chauhan, Pradip, Girish Rameshbhai Chauhan, Bhoomika Rameshbhai Chauhan, Jayesh Vrajlal Vaza, and Suresh Punjabhai Rathod. 2015. “Relationship Between Difficulty Index and Distracter Effectiveness in Single Best-Answer Stem Type Multiple Choice Questions.” International Journal of Anatomy and Research 3(4):1607–10.

Enang, H. 2014. “Analisis Kualitas Soal Matematika Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru Di SMPN 32 Makassar Tahun Pelajaran 2013/2014.” Universitas Negeri Makassar.

Hardiyanti, N. 2018. “Pendeteksian Keberfungsian Butir Diferensial Soal USBN Kimia SMA Negeri Di Kabupaten Bone Dengan Metode Khi Kuadrat Lord.” Universitas Negeri Makassar.

Irena, P. L., M. M. S. Rika, M. A. S. Ginda, and Jarnawi Afgani. 2020. “Problem Analysis of Mathematics National-Based School Examination First Middle School 2018 / 2019.” THEOREMS (The Original Research of Mathematics) 4(2):195–205.

Kartianom, and Djemari Mardapi. 2017. “The Utilization of Junior High School Mathematics National Examination Data: A Conceptual Error Diagnosis.” Research and Evaluation in Education 3(2):163–73.

Kartini. 2018. “Analisis Kualitas Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional Mata Pelajaran Matematika Di SMK Negeri Kabupaten Bantaeng Berdasarkan Teori Respon Butir.” Universitas Negeri Makassar.

Khoshaim, Heba Bakr, and Saima Rashid. 2016. “Assessment of the Assessment Tool: Analysis of Items in a NonMCQ Mathematics Exam.” International Journal of Instruction 9(1).

Mansyur, and Muliana. 2016. “Detecting Differential Item Functioning and Differential Test Functioning on Math School Final-Exam.” International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology 6(4):437–40.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putra, Dimas Irfan Puspito. 2018. “Analisis Butir Soal UAS Gasal Matematika Kelas VIII SMP Negeri 28 Purworejo TP 2017/2018.” Pp. 458–61 in Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, “Integrasi Budaya, Psikologi, dan Teknologi dalam Membangun Pendidikan Karakter melalui Matematika dan Pembelajarannya.”

Retnawati, Heri, Badrun Kartowagiran, Janu Arlinwibowo, and Eny Sulistyaningsih. 2017. “Why Are the Mathematics National Examination Items Difficult and What Is Teachers’ Strategy to Overcome It?” International Journal of Instruction 10(3):257–76.

Rozien, M. I., and H. Retnawati. 2019. “Analysis of Junior High School National Examination Year 2014 to 2017 on Facilitating Students’ High Order Thinking Skill.” Journal of Physics: Conference Series 1320(1).

Sudijono, A. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudijono, A. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Supandi, and Lailatul Farikhah. 2016. “Analisis Butir Soal Matematika Pada Instrumen Uji Coba Materi Segitiga.” JIP Mat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 1(1):71–78.

Wati, N. R., I. Suandi, and I. Wendra. 2015. “Kualitas Butir Soal Ulangan Akhir Semester Ganjil Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016 Dari Segi Taraf Kesukaran, Daya Pembeda, Dan Fungsi Pengecoh.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha 3(1).

Widoyoko, S., and S. Kustilah. 2017. “Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017.” Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) 3(2):67–82.

Yonelia, V., S. Haryati, and J. Azmi. 2015. “Analisis Butir Soal Ujian Semester Genap Mata Pelajaran Kimia Kelas X IPA SMA PGRI Pekanbaru Tahun Ajaran 2013/2014.” Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) 2(1):1–15.


Article Metrics

Abstract has been read : 426 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v10i1.7022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)