PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TEKNIK PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN GANDA SISWA

Budiyono Budiyono, Nurani Nurani, Sutanto Sutanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki : ( 1 ) yang model J - MAM , J - NHT , dan hasil pembelajaran konvensional pada prestasi belajar yang lebih baik di Matematika pembelajaran , (2 ) multiple intelligence dari Logical - Mathematical yang , Visual - Spasial , dan interpersonal hasil jenis dalam prestasi belajar yang lebih baik di Matematika , (3 ) di setiap multiple intelligence , yang model J - MAM , J - NHT , dan hasil pembelajaran konvensional pada prestasi belajar yang lebih baik di Matematika belajar ; dan ( 4 ) di masing-masing model pembelajaran , yang multiple intelligence dari Logical - Mathematical , Visual - Spasial , dan interpersonal hasil jenis dalam prestasi belajar yang lebih baik di Matematika . Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuasi dengan desain faktorial 3 x 3 . Populasinya adalah semua siswa di kelas XI SMK Negeri di Kabupaten Sragen . Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik stratified random sampling . Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis dua arah tidak seimbang varians pada tingkat signifikansi 5 % . Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1 ) The J - MAM dan model pembelajaran J- NHT menghasilkan prestasi belajar yang sama di Matematika , tapi baik mengakibatkan prestasi belajar yang lebih baik di Matematika dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional , 2 ) Ada tidak ada perbedaan dalam prestasi belajar Matematika siswa dengan Logical - Mathematical , Visual - Spasial , dan jenis Interpersonal , 3 ) dalam setiap jenis multiple intelligence , J- MAM dan model pembelajaran J- NHT menghasilkan barang yang sama prestasi dalam Matematika , namun kedua hasil dalam prestasi belajar yang lebih baik di Matematika dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pembelajaran , 4 ) dalam setiap model pembelajaran , para siswa dengan Logical - Mathematical , Visual - Spasial , dan jenis interpersonal memiliki prestasi belajar yang sama di Matematika.

Keywords


Model pembelajaran Jigsaw; model pembelajaran konvensional; multiple intelligence; prestasi belajar Matematika; STKIP PGRI Trenggalek

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 1128 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v2i2.474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika



 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)