PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ANALISIS REAL BERBASIS TEORI DAVID TALL

Darmadi Darmadi

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan dan menghasilkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteritik mahasiswa dan materi analisis real. Model pembelajaran yang dikembangkan adalah model pembelajaran analisis real berbasis teori-teori David Tall. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FP MIPA IKIP PGRI Madiun dalam belajar analisis real. Hampir semua mahasiswa kesulitan dalam belajar analisis real sehingga muncul tuntutan untuk menyediakan model pembelajaran beserta perangkatnya yang mampu melayani mahasiswa belajar. Model pembelajaran diartikan sebagai suatu kerangka konseptual pembelajaran yang memuat tujuan, sintaksis sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dampak instruksional dan dampak pengiring pembelajaran. Model ini memuat landasan teoritis, komponen, dan pelaksanaan pembelajaran menggunakan model dan perangkatnya. Perangkat model terdiri dari Buku Siswa, LKS, LJLKS, RP, Paket Kuis, Paket Tes Penguasaan Bahan pembelajaran, dan paket tes tingkat berpikir mahasiswa. Untuk mencapai maksud tersebut perlu dilakukan penelitian pengembangan dengan mengikuti fase-fase pengembangan seperti investigasi awal, desain, realisasi/konstruksi, dan tes, evaluasi, dan revisi. Kegiatan pada fase tes, evaluasi, dan revisi meliputi validasi, uji coba, dan revisi. Kegiatan uji coba meliputi uji coba perorangan dan uji lapangan. Fokus kajian uji coba adalah pada kualitas kesahihan, kepraktisan, dan keefektifan model pembelajaran beserta perangkatnya.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 986 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v1i1.464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika



 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)