Implementasi Pembelajaran Worksheet Berbasis ICT Untuk Peningkatan Kemampuan High Order Mathematical Thinking (HOMT) Siswa SMP

Ratni Purwasih, Usman Aripin, Aflich Yusnita Fitrianna

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat belajar siswa dipengaruhi oleh persepsi mengenai pembelajaran matematika yang dianggap sulit. Siswa harus mengembangkan pengetahuan baru mereka secara aktif dari pengalaman dan pengetahuan sebelumnya sehingga dibutuhkan kemampuan High Order Mathematical Thinking (HOMT) siswa SMP. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan salahsatu model  pembelajaran  yang  diharapkan  mampu  mengembangkan kemampuan High Order Mathematical Thinking (HOMT) siswa  adalah pembelajaran worksheet berbasis ICT. Melalui pembelajaran ini terdapat lembaran-lembaran berisi tugas instruksional yang terdiri dari serangkaian pertanyaan dan informasi yang dirancang berbasis ICT untuk membimbing siswa agar memahami masalah matematika yang memuat soal-soal sistematis bertujuan meningkatkan High Order Mathematical Thinking (HOMT) siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah  quasi experimental dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design, dimana subyek penelitian tidak dikelompokkan secara acak. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui pretes dan postes  kemampuan  HOTM siswa.Tujuan dalam penelitian ini adalah mengkaji pencapaian dan peningkatan kemampuan high order mathematical thinking (HOMT) siswa SMP  di kelas yang mendapat pembelajaran Worksheetberbasis ICT  lebih baik daripada siswa di kelas yang mendapatkan pembelajaran ekspositori.Hasil dari peenlitian ini adalah peningkatan kemampuan HOTM siswa SMP yang menggunakan pembelajaran worksheet berbasis ICT lebih baik dibandingkan kelas yang pembelajarannnya menggunakan ekspositori.

 


Keywords


Kemampuan High Order Mathematical Thinking (HOMT); Pembelajaran worksheet berbasis ICT

Full Text:

PDF

References


Fannie1, R.D. & Rohati. 92014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Poe (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Program Linear Kelas Xii Sma. Jurnal Sainmatika, 8(1), 96-106.

Indriyati.( 2015 ). Penerapan metode worksheet plus pada proses pembelajaran materi menjaga kelangsungan hidup. Didaktikum: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 16(3), 31-36.

Mukhid, Abd. (2009). Self- Efficacy (Perspektif Teori Kognitif Sosial dan Implikasinya terhadap Pendi-dikan. Jurnal Tadris , 4 (1), 106-122.

Musfiqi, S., & Jailani. (2014). Pengem-bangan Bahan Ajar Matematika yang Berorientasi pada Karakter dan High Order Thinking Skill (HOTS). Pythagoras, Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1),(45-59).

Puspitawedana, D., & Jailani.(2016). The Use of Problem Based Learning to Improve Higher Order Thinking Skills in Junior Secondary School. Proceeding Of 3Rd International Conference on Research, Implementation and education of Mathematics and Science. UNY: Yogjakarta.

Puspitasari, I., Nurjaman, A., & Purwasih, P. (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Program Linear. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 6(1), 39-46.

Rahmawati, U & Suryanto, (2014). Pengembangan Model Pembelajar-an Matematika Berbasis Masalah Untuk Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 88-97.

Rizki1, S & Wildaniati, Y. (2015). Efektifitas Bahan Ajar dan Media Berbasis ICT Pada Materi Persamaan dan Fungsi Kuadrat. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 4(2), 1-8.

Ruseffendi, E.T (2010). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Sumarmo, U. (2013). Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI: Bandung.

Sumarmo, U. (2014). Mengembangkan Instrumen Untuk Mengukur Higher Order Thinking Matematichal Thinking Skills. Makalah disajikan dalam Workshop Pendidikan Matematika di Universitas Islam Jakarta. 22 oktober 2014.

Saputra, P.R. (2016). Pembelajaran Geometri Berbantuan Geogebra dan Cabri Ditinjau dari Prestasi Belajar, Berpikir Kreatif dan Self-Efficacy.PYTHAGORAS, Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 59-68. doi: http://dx.doi.org/10.21831/ pg.v11i1.9680.

Sariningsih, R & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru.Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 163-177.

Sujoko. (2013). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media Pembelajaran di SMP Negeri 1 Geger Madiun. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 71-77.

Sumbogo, B.M. (2016). Upaya Mening-katkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media CD Pembelajaran Disertai Pem-berian Tugas Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Banjar Margo. Aksioma Jurnal Pendidikan Mate-matika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro , 5(2), 180-186.

Aripin, U., & Purwasih, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Mate-matika, 6(2), 225-233.

Yaniawati, R.P. (2013). E-Learning to Improve Higher Order Thinking Skills (HOTS) of Students.Journal of Education and Learning. 7 (2), 109-120.

Yoenanto, N. H. (2010). Hubungan antara Self-Regulated Learning dengan Self-Efficacy pada Siswa Akselerasi Sekolah Menengah Pertama di Jawa INSAN 12 (2), 88-94


Article Metrics

Abstract has been read : 1974 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v7i1.3841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)