Program Belajar Siswa Berbasis Prinsip Progressive Differentiation dan Intergrative Reconciliation

Nathasa Pramudita Irianti, Elita Mega Selvia Wijaya

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menghasilkan program belajar siswa berupa lembar kerja siswa berbasis prinsip Progressive Differentiation dan Integrative Reconciliation pada materi pernyataan majemuk dan berkuantor yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan program belajar ini berdasar pada Four-D Model (Model Empat D) yang diadopsi dari Thiagarajan, Semmel dan Semmel, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), dan Develop (Pengembangan). Untuk mengetahui keterlaksanaan kriteria yang ditetapkan, maka dilakukan validasi dan uji coba lapangan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP dan LKS. Subjek uji coba pengembangan desain pembelajaran ini adalah siswa SMA Panjura Malang. Berdasarkan hasil analisis data, program belajar matematika berdasarkan Prinsip Progressive Differentiation dan Integrative Reconciliation dapat diterapkan dan terlaksana dengan baik. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji coba LKS dengan nilai rata-rata skor 85,28 yang masuk dalam kategori sangat baik. Selain itu, dikuatkan dengan uji coba latihan I dan II yang masing-masing mendapatkan skor rata-rata 82,08 dan 80,96 yang juga masuk dalam kategori sangat baik.

Keywords


Learning program; Progressive Differentiation Principle; Integrative Reconciliation Principle

Full Text:

PDF

References


Ausubel, David P. 1963. The Psychology of Meaningful Verbal Learning: An Introduction to School Learning. New York: Grune & Stratton, Inc

Bani, A. (2011) Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing, SPS UPI, Bandung. UPI: Bandung

Bell, Frederick H. 1978. Teaching and Learning Mathematics (in Secondary Schools). Iowa: Wm. C. Brown Company Publishers

Bennu, S. (2012). Adversity Quotient: Kajian Kemungkinan Pengintegrasiannya dalam Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(01)

Crawford. M. L. (2001). Teaching Contextually (Research, Rationale, and Techniques for Improving Student Motivation and Achievement in Mathematics and Science). CORD, 3-11

Depdiknas. (2007). Materi Sosialisasi dan Pelatihan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Dekdiknas

Elliot, Stephen N. (2000). Educational Psychology: Effective Teaching, Effective Learning. McGraw-Hill

Gazali, R. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182-192

Haylock, D., & Thangata, F. (2007). Key Concepts in Teaching Primary Mathematics. London, UK: SAGE Publications Ltd.

Huda, N., Kencana, A. G. (2013). Analisis Kesulitan Siswa berdasarkan Kemampuan Pemahaman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1)

Jacobsen, D. A., Eggen, P., & Kauchak, D. (2009). Methods for Teaching Metode-metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (Eds.). (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.

Lestari, I. (2013). Pengembangan bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata

Maisari, D., Suyadi, G., & Asnawati, R. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 2

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM

Ningsih, P. R. (2012). Penerapan Metode Realistic Mathematics Education (RME) pada Pokok Bahasan Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai di Kelas VII E SMP Ipiems Surabaya. Gamatika, 3(2)

Rosidah, Kholifatur. (2006). Pengembangan bahan Ajar Matematika Materi Pokok Peluang untuk SMP Kelas I yang Mengacu Kurikulum 2004. Malang: FMIPA UM

Slavin, Robert E. (2000). Educational Psychology. Needham Heights, MA: Allyn & Bacon A. Pearson Education Company

Sukmara, C. (2011). Pembelajaran Kooperatif NHT (Numbered Heads Together) dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri 1 Sukarame Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. Jurnal Saung Guru, 2(2), 15-23


Article Metrics

Abstract has been read : 1131 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v7i2.3280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)