Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Melalui Soal PISA 2015

Zulfah Zulfah, Wida Rianti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan komunikasi matematis peserta didik Bangkinang dalam menyelesaikan soal PISA 2015. Indikator kemampuan komunikasi matematis yang dilihat yaitu kemampuan menulis, meggambar, dan mampu membuat ekspresi matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif yaitu menggambarkan mengenai kemampuan komunikasi yang dimiliki peserta didik Bangkinang dalam menyelesaikan soal PISA 2015. Instrumen yang digunakan berupa soal PISA 2015 paket 1. Peserta didik masih kesulitan dalam membuat model matematika dari permasalahan yang diberikan, memilih strategi yang tepat guna memecahkan permasalahan yang diberikan, diikuti dengan rendahnya kemampuan peserta didik merefleksikan grafik ke dalam ide matematika yang mana termasuk kategori drawing. Ringkasan dari analisis ketujuh soal PISA 2015 yang dikategorikan soal Komunikasi Matematis yaitu (1) Written Text, Pada soal nomor 15; 10,26% peserta didik berkemampuan tinggi; 2,56% berkemampuan sedang; dan 87,18% berkemampuan rendah. (2) Mathematical Expression, Pada soal nomor 12; 15,38% peserta didik berkemampuan tinggi; 15,38 peserta didik berkemampuan sedang; dan 69,24% berkemampuan rendah. (3) Drawing, Pada soal nomor 30; 82,05% peserta didik berkemampuan tinggi; dan 17,94% berkemampuan rendah. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan pada 39 peserta didik, dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMP di Bangkinang melalui penyelesaian soal PISA 2015 masih rendah pada kategori Mathematical Expression.

Keywords


Komunikasi Matematis, Soal PISA 2015

Full Text:

PDF

References


Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Himpunan, 1(1), 15–22.

Baxter, J. A., Woodward, J., & Olson, D. (2005). Writing in Mathematics: An Alternative Form of Communication for Academically Low-Achieving Students. Learning Disabilities Research and Practice, 20(2), 119–135. https://doi.org/10.1111/j.1540-5826.2005.00127.x

Erna, N. D., Umi, K. A., & Ari, I. (2017). The Math Problem Solving Profile in Solve Linear Programming ’ sProblem Based On Mathematic Communication Ability, 6(1), 53–59. Retrieved from http://journal.unipma.ac.id/index.php/jipm JIPM

Fauzan, A. Y. (2013). Pengaruh Pendekatan RME dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemamampuan Matematis Siswa. In Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung (pp. 7–14).

H, Hendriana, E, E Rohaeti, U, S. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Peserta Didik.

Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas MIPATEK IKIP PGRI Pontianak Jalan Ampera No 8 Pontianak , Kalimantan Barat AdMathEdu | Vol . 7 No . 1 | Juni 2017 Kemampuan … ( Hodiyanto ) Pendahuluan Manusia. AdMathEdu, 7(1), 8.

Kosko, K. W., & Wilkins, J. L. M. (2006). Mathematical Communication and Its Relation to the Frequency of Manipulative Use Karl W. Kosko & Jesse L. M. Wilkins Virginia Polytechnic Institute & State University. International Electronic Journal of Mathematics Education, 5(2), 79–90.

Lusardi, A. (2015). Financial Literacy Skills for the 21st Century: Evidence from PISA. Journal of Consumer Affairs, 49(3), 639–659. https://doi.org/10.1111 /joca.12099

OECD. (2016). Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). (2016). PISA 2015 results in focus.

Purwati, H., & Nugroho, A. A. (2009). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Mata Kuliah Program Linear. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 127–134.

Rahmatina, D. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Calon Guru Matematika Dalam Pemecahan Masalah Bangun Ruang Sisi Lengkung, 287–294.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D.

Tinungki, G. M. (2015). The Role of Cooperative Learning Type Team Assisted Individualization to Improve the Students ’ Mathematics Communication Ability in the Subject of Probability Theory. Journal of Education and Practice, 6(32), 27–31

.


Article Metrics

Abstract has been read : 25 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v7i1.3064

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)