Analisis Kemampuan Inisiatif Peserta Didik SMP Dalam Memecahkan Masalah Kontekstual Pada Pembelajaran Matematika

Angga Dwita Desi Lisnawati, Irwani Zawawi, Fatimatul Khikmiyah

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah kontekstual merupakan kemampuan yang perlu dikembangkan dalam menghadapi kehidupan nyata. Salah satu faktor internal yang perlu diperhatikan adalah kemampuan inisiatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan inisiatif peserta didik SMP dalam memecahkan masalah kontekstual pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 32 peserta didik kelas VII C SMP Negeri 34 Gresik Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes dan angket. Metode pengumpulan data penelitian ini yaitu tes dan penyebaran angket. Peserta didik mengerjakan tes dalam bentuk essai yang berisi dua soal kontekstual materi aljabar, dan angket yang berisi 15 item pernyataan. Kemudian, data akan dianalisis dengan menghitung persentase pada setiap indikatornya serta menggolongkan subjek penelitian kedalam kategori yang ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan inisiatif peserta didik kelas VII SMP tergolong tinggi dengan persentase 67%, meskipun kemampuan inisiatifnya tergolong tinggi tetapi kemampuan pemecahan masalah kontekstual mereka tergolong sedang dengan persentase 45%. Hal ini dapat dilihat pada analisis disetiap indikatornya yaitu peserta didik masih kurang pada indikator keterampilan berpikir luwes dalam kemampuan pemecahan masalah kontekstual, dan lebih banyak pada indikator berani mengambil risiko dalam kemampuan pemecahan masalah kontekstual.

 

Contextual problem-solving skills are skills that need to be developed in dealing with real life. One of the internal factors to consider is the ability to take initiative. This study aims to describe the ability of junior high school students' initiative in solving contextual problems in mathematics learning. This type of research is descriptive research with a quantitative approach. The subjects of this study were 32 students of class VII C SMP Negeri 34 Gresik in the Even Semester of the 2023/2024 Academic Year. The instruments used are test sheets and questionnaires. The method of collecting this research data is testing and distributing questionnaires. Students take the test in the form of an essay containing two contextual questions of algebra material, and a questionnaire containing 15 statement items. Then, the data will be analyzed by calculating the percentage on each indicator and classifying the research subjects into specified categories. The results of this study showed that the initiative ability of grade VII junior high school students was high with a percentage of 67%, although their initiative ability was high, their contextual problem solving ability was classified as medium with a percentage of 45%. This can be seen in the analysis of each indicator, namely students are still lacking in indicators of flexible thinking skills in contextual problem solving abilities, and more in indicators of daring to take risks in contextual problem solving abilities.


Keywords


Pemecahan Masalah; Kontekstual; Inisiatif; Matematika

Full Text:

PDF

References


Astriana, A., Waluyo, W., & Siswanto, B. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas X MIPA 9 SMA N 4 Semarang Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Kartu Soal. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 893–898. Diambil dari Https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/29286

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Diambil dari Https://kbbi.kemdikbud.go.id

Fadillah, A., Nopitasari, D., Bilda, W., Immawati, S. A., & Raharjo, S. (2022). Analysis of Student Learning Independence on Blended Learning Model. Jurnal Matematika Kreatif - Inovatif, 13(2), 308–318. https://doi.org/10.15294/kreano.v13i2.38512

Fathoni, M. A., & Siswono, T. Y. E. (2023). Proses Berpikir Kreatif Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Materi Fungsi Kuadrat. Mathedunesa, 12(3), 780–796. Https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v12n3.p780-796

Ginting, D., Sinaulan, J. H., Ginting, N., Warwer, F., Affandi, L., & Siagian, A. O. (2023). Learning Independence and Learning Motivation as Determinants of Increasing Students’ Critical Thinking Ability in 21st Century Learning. Edumaspul - Journal of Education, 7(1), 1005–1013. Https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i1

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi, Ed.). Pustaka Ilmu. Diambil dari Https://www.researchgate.net/publication/340021548

Jayanti, M. D., Irawan, E. B., & Irawati, S. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(5), 671–678. Https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i5.11092

Kidjab, M. R., Ismail, S., & Abdullah, A. W. (2019). Deskripsi kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika SMP. Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 7(1), 25–31. Https://doi.org/10.37905/euler.v7i1

Laia, H. T., Sarumaha, A., & Tafonao, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Tahun Pembelajaran 2020/2021. Jurnal Education And Development, 10(1), 588–595. https://doi.org/10.37081/ed.v10i1

Majeed, B. H., & Hussain, A. K. (2021). The Impact Of Reflexive Learning Strategy On Mathematics Achievement By First Intermediate Class Students And Their Attitudes Towards E-Learning. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(7), 3271–3277. Diambil dari Https://turcomat.org/index.php/turkbilmat/article/view/4404

Nofriani, R., Sari, F. W., Yuspelto, N. M., Nr, Y. D., Utami, W. L., Nurhalimah, S., Mayda, N. K., & Andrian, D. (2023). Students’ Attitude Analysis Toward The Mathematics Learning Of Junior High School. Mathematics Research And Education Journal, 7(2), 48–61. https://doi.org/10.25299/mrej.2023.vol7(2)

Novianska, M., Romdanih, R., & Hasanah, N. (2021). Kemandirian belajar peserta didik pada pembelajaran matematika dengan metode contextual teaching and learning (CTL) secara daring. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 385–397. Diambil dari Https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1322

Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. (2019). Kemandirian belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 1214–1223. Diambil dari Https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2990

Polya, G. (1973). How to Solve It. Princeton University Press.

Priwitasari, P., Sudiarta, I. G. P., & Sariyasa. (2022). Pengaruh Penerapan Model Problem-Based-Learning Berbantuan Computer-Based-Test Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 206–218. Https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9217

Ramadhan, Y. F. (2022). Tingkat Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Problem Based Learning SMAN 4 Pinrang.

Salinda, F., Johar, R., & Syahjuzar, S. (2020). Inisiatif Siswa SMP dalam Merancang Denah melalui STEM. Jurnal Peluang, 8(1), 1–10. Https://doi.org/10.24815/jp.v8i1.20664

Samsudin, S. A., & Effendi, K. N. S. (2023). Kemandirian Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP Kelas IX. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Https://Doi.Org/10.35706/Sesiomadika.V4i1

Santika, D. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMK PGRI Kota Pekanbaru Selama Pandemi Covid-19 Pada Tahun Ajaran 2019/2020.

Sanusi, U. (2013). Pembelajaran dengan Pendekatan Humanistik (Penelitian pada mts Negeri Model Cigugur Kuningan). Ta’lim.

Sapdi, R. M., Labib Abdillah, Z., & Sugilar, H. (2022). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Masa Pembelajaran Daring Analysis of Self Regulated Learning for Junior High School Students during the Online Learning Period. Gunung Djati Conference S Eries, 17.

Silviana, E., Putra, R. W. Y., & Anggoro, B. S. (2020). Matematika Kumpulan Soal Cerita Aljabar dan Pembahasannya SMP/MTS (Y. Umaya, Ed.). Ahlimedia Press. www.ahlimedia.com

Viola, G. (2022). Inisiatif Siswa Dalam Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 1 Sungai Tarab.

Wege, K., Harso, A., & Wolo, D. (2022). Analysis of student learning independence during the pandemic. Journal of Research in Instructional, 2(1), 87–96. Https://doi.org/10.30862/jri.v2i1.34


Article Metrics

Abstract has been read : 119 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v12i2.19477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)