Profil Literasi Numerasi Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal AKM Konten Aljabar Berdasarkan Kemampuan Matematika

Fitri Kurnia Rachmawati, Nurcholif Diah Sri Lestari, Ervin Oktavianingtyas, Dinawati Trapsilasiwi, Randi Pratama Murtikusuma

Abstract


Literasi numerasi diperlukan oleh siswa SMA untuk mempersiapkan diri dalam menempuh pendidikan tinggi atau memasuki dunia kerja pada abad 21 yang dapat diukur dengan tes AKM konten aljabar. Perbedaan kemampuan matematika siswa SMA menyebabkan perbedaan tingkat literasi numerasi yang dicapai. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan tujuan mendeskripsikan literasi numerasi siswa SMA dalam menyelesaikan soal AKM konten aljabar berdasarkan kemampuan matematika. Lokasi penelitian adalah SMAN 2 Jember dengan subjek penelitian adalah tiga siswa kelas XI MIPA 5 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes tulis dan wawancara yang kemudian dianalisis berdasarkan indikator literasi numerasi pada proses kognitif pemahaman, penerapan, dan penalaran; dilakukan member check; menyajikan data, serta melakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi dikategorikan pada tingkat literasi numerasi mahir dan memenuhi seluruh indikator proses kognitif. Siswa dengan kemampuan matematika sedang dikategorikan pada tingkat literasi numerasi cakap dan hanya memenuhi indikator proses kognitif pemahaman dan penerapan. Siswa dengan kemampuan matematika rendah dikategorikan pada tingkat literasi numerasi dasar dan hanya memenuhi indikator proses kognitif pemahaman dan dua indikator proses kognitif penerapan. Dengan demikian, penggunaan soal dengan konteks kehidupan sehari-hari diperlukan untuk mengasah literasi numerasi siswa dalam menyelesaikan permasalahan dengan konteks dunia nyata.  

 

Numeracy literacy is needed by high school students to prepare themselves for higher education or entering the workforce in the 21st century which can be measured by the AKM test on algebra content. Differences in the mathematical abilities of high school students cause differences in the level of numeracy literacy achieved. This type of research is descriptive qualitative with the aim of describing the numeracy literacy of high school students in solving AKM questions on algebra content based on mathematical ability. The research location is SMAN 2 Jember with the research subjects are three students of class XI MIPA 5 selected by purposive sampling technique. Data were collected through written tests and interviews which were then analyzed based on numeracy literacy indicators on cognitive processes of understanding, application, and reasoning; member checks were conducted; presenting data, and drawing conclusions. The results showed that students with high mathematics ability were categorized at the advanced numeracy literacy level because they met all the cognitive process indicators. Students with moderate mathematics ability are categorized at the proficient numeracy literacy level because they only fulfill the cognitive process indicators of understanding and application. Students with low mathematics ability are categorized at the basic numeracy literacy level because they only fulfill the cognitive process indicators of understanding and two cognitive process indicators of application. Thus, the use of problems with the context of everyday life is needed to hone students' numeracy literacy in solving problems with real-world contexts.

 

Keywords


Literasi numerasi; AKM; aljabar; kemampuan matematika

Full Text:

PDF

References


Achjar, K. A. H., dkk. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus). Jambi: PT Sonopedia Publishing Indonesia.

Ahmed, M. 2018. A Study on the Development of Adult Language, Literacy and Numeracy Skills. Australia: School of Science, Edith Cowan University. https://doi.org/10.4108/eai.30-10-2018.159602

Anggraini, K. E., & Setianingsih, R. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). MATHEdunesa, 11(3), 837-849. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p837-849

Arofa, A. N., & Ismail, I. (2022). Kemampuan Numerasi Siswa MA dalam Menyelesaikan Soal Setara Asesmen Kompetensi Minimum pada Konten Aljabar. MATHEdunesa, 11(3), 779-793. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p779-793

Asriyanti, I., Jana, P., Marsiyam, M., & Triyadi, T. (2023). Profil Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas X dalam Menyelesaikan Soal Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(2), 285-296. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i2.16273

Aswita, D., Saputra, S., & Yoestara, M. (2022). Pendidikan Literasi: Memenuhi Kecakapan Abad 21. Yogyakarta: K-Media.

Cahyani, N. D., & Sritresna, T. (2023). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu(PME), 2(1), 103-112.

Fauziah, N., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Kemampuan Matematis Pemecahan Masalah Siswa dalam Penyelesaian Soal Tipe Numerasi AKM. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3241–3250. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1471

Febrianti S., Rahmat, T., Aniswita, & Fitri, H. (2023). INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(4), 10100-10109.

Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember: Pena Salsabila.

Indra, K., & Rahadyan, A. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas XI dalam Penyelesaian Soal Tipe AKM pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Didactical Mathematics, 3(2), 84-91. https://doi.org/10.31949/dm.v3i2.1810

Kafifah, A., Sugiarti, T., & Oktavianingtyas, E. (2018). Pelevelan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Kemampuan Matematika dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change and Relationship. Kadikma, 9(3), 75-84. https://doi.org/10.19184/kdma.v9i3.10918

Kemendikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: TIM GLN Kemendikbud.

Kemendikbud. (2020a). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran.

Kemendikbud. (2020b). Desain Pengembangan Soal AKM. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran.

Kemendikbudristek. (2023). PISA 2022 dan Pemulihan Pembelajaran di Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan , Kebudayaan, Riset, dan Tekonologi.

Kristianti & Handayani, I. (2023). Analisis Literasi Numerasi Matematis Peserta Didik Kelas XI Dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. JPMI-Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 6(4), 1379-1390. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17919

Lestari, N. D. S., Murtafiah, W., Lukita Sari, M., Annisa, F., & Hayuning P. P, M. (2022). Adult Mathematical Literacy Siswa Berdasarkan Aktivitas Literasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2635-2648. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5880

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69-88. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no1.2019pp69-88

Nurmaya, R., Muzdalipah, I., & Heryani, Y. (2022). Analisis Proses Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Model Asesmen Kompetensi Minimum. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 13-26. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6378

OECD. (2019). PISA 2018 Asesmen and Analytical Framework. In OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. In OECD Publishing. Paris. http://doi.org/10.1787/53f23881-en

Pribadi, M. H. P., Lestari, N. D. S., Oktavianingtyas, E., Kurniati, D., & Monalisa, L. A. (2023). Literasi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2530–2542. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2232

Saputra, F. A. & Khotimah, R. P. (2023). Profil Kemampuan Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal Berorientasi PISA Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Cendekia. 7(2), 1675-1688. http://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2413

Syarah, F., Harahap N. Y., & Putri, J. H. (2023). Kesulitan Siswa Dalam Mempelajari Materi Aljabar. Journal of Education, 5(1), 16067-16070.

Setianingsih, W. L., Ekayanti, A., & Jumadi, J. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Tipe Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3262-3273. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5915

Vebrian, R., Putra, Y. Y., Saraswati, S., & Wijaya, T. T. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Kontekstual. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2602-2614. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4369

Waluyo, B. & Pujiastuti, H. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal AKM Numerasi Ditinjau dari Gaya Belajar. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 12-25. http://dx.doi.org/10.30656/gauss.v6i1.6450

Wirawan, N., Yuhana, Y., & Fatah, A. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Bentuk Literasi Numerasi AKM pada Konten Bilangan Ditinjau dari Disposisi Matematis. Jurnal Cendekia, 7(3), 2715-2728. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2623

Yusuf, R. M. M., & Ratnaningsih, N. (2022). Analisis Kesalahan Numerasi Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Pedagogy, 9(1), 24-33. https://doi.org/10.33394/jp.v9i1.4507


Article Metrics

Abstract has been read : 103 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v12i2.18983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)