Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Materi Bangun Datar Kelas III Sekolah Dasar

Roisatun Nisaa, Yuniawatika Yuniawatika, Surayanah Surayanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan bahan ajar matematika materi bangun datar kelas III di UPT SD Negeri Tegalrejo 01 dan sebagai pedoman guru untuk membuat bahan ajar matematika dengan melibatkan teknologi agar menarik minat belajar siswa. Permasalahan yang ditemukan yaitu siswa kesulitan memahami sifat-sifat bangun datar, lemahnya hitungan perkalian dan pembagian, siswa kebingungan menempatkan rumus keliling dan luas bangun datar, dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan buku tematik saja tanpa adanya bahan ajar lainnya sebagai pendamping penjelasan materi bangun datar, serta keterbatasan informasi pada buku tematik dan kumpulan soal menyebabkan siswa kesusahan dalam memahami materi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualititatif dengan mengumpulkan data melalui angket, wawancara, dan observasi. Instrument data berupa wawancara dan angket analisis. Hasil dari analisis yang dilakukan yaitu didapatkan sebanyak 94 % siswa sangat membutuhkan bahan ajar sebagai pendamping belajar. Bahan ajar yang dimaksud haruslah kreatif dan inovatif dengan mengintegrasikan teknologi yang penyajiannya didukung dengan konten – konten yang menarik, dan untuk mendorong minat siswa terhadap matematika dan memudahkan memahami konsep matematika.

 

This research aims to analyze the need for mathematics teaching materials for class III flat figures at UPT SD Negeri Tegalrejo 01 and as a guide for teachers to create mathematics teaching materials involving technology to attract students' interest in learning. The problems found were that students had difficulty understanding the properties of flat shapes, weak multiplication and division calculations, students were confused about placing the formulas for perimeter and area of flat shapes, in the learning process the teacher only used thematic books without any other teaching materials to accompany the explanation of flat shape material, and limited information in thematic books and question sets cause students to have difficulty understanding the material. The method used is descriptive qualitative obtained from interviews, student needs questionnaires, and observations. The results of the analysis carried out were that 94% of students really needed teaching materials as learning companions. The teaching materials in question must be creative and innovative by integrating technology whose presentation is supported by interesting content, to encourage student's interest in mathematics and make it easier to understand mathematical concepts.

 

 



Keywords


Analisis kebutuhan; Bahan ajar; Bangun datar; Matematika

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan Ajara Sebagai Bagian daam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa. Salaka, 2(1), 62–65.

Akbar, M. A., Rahmadi, & Mulhim. (2020). Intrumen Penilaian Harian Aspek Psikomotor Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan M. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 56–62.

Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Perspektif Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4173–4181. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2773

Anshory, I., Saputra, S. Y., & Amelia, D. J. (2017). Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Sesuai Kurikulum 2013 Di SD Muhammadiyah 03 Wajak. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1).

Evi, S. (2011). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(2), 154–163.

Fauzi, A., Sawitri, D., & Syahrir, S. (2020). Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 142–148. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1119

Hakim, W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Terintegrasi Agama Berbasis AKM. Jurnal Pusaka, 10(1), 29–39. https://doi.org/10.35897/ps.v10i1.596

Handayani, E. S., & Octaviani, J. F. (2021). Penggunaan Smartphone Terhadap Hasil Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 di SDN 015 Sungai Pinang. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 54–61. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/604

Ika Pratiwi, Amaliyah, A., & Puspita Rini, C. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Di Kelas Iv Mi Al-Kamil Kota Tangerang. Berajah Journal, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.43

Indiastuti, T. (2021). Pengaruh Metode Jarimatika Perkalian Pada Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar MIN 1 Madiun. ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 2(3), 137–143.

Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Implementasi pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 74–81.

Kadir, V. T., Nurwan, N., Zakiyah, S., & Mohidin, A. D. (2022). Deskripsi Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Bilangan Berpangkat di SMP Negeri 1 Biluhu. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(1), 38–47. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i1.13279

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513

Magdalena, I., & , Riana Okta Prabandani, Emilia Septia Rini , Maulidia Ayu Fitriani, A. A. P. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187.

Maniq, L. N. K., Karma, I. N., & Rosyidah, A. N. K. (2022). Pengembangan E-Modul Matematika Pada Materi Pecahan. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 83–88.

Mardhiyana, D., & ’Adna, S. F. (2019). Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Melalui Pendekatan Pmri Berbasis Budaya Lokal Pekalongan Pada Mata Kuliah Statistika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(4), 205–211. http://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/59

Marryono Jamun, Y. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 1–136.

Muslimah, S. L., Rosalina, E., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Tematik Berbasis Outdoor Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1926–1939. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1069

Nurdyansyah, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Madrasa Ibtida’iyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 20, 41–50.

Panjaitan, S. M., Sitepu, C., Hutabarat, C. P., Manalu, D. B., Joissalina, E., Sihaloho, B., & Tampubolon, A. M. (2022). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Pada Materi Aritmatika Sosial Di Kelas Viii Smp Negeri 3 Tarutung. Sepren, October, 26–31. https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/814

Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96

Prayudha, D. R. (2017). Pengembangan E-Modul Dengan Model Problem Based Learning Pada Materi Bilangan Bulat Kelas Vii. Aksioma, 7(1), 48. https://doi.org/10.26877/aks.v7i1.1409

Rosilia, P., Yuniawatika, Y., & Murdiyah, S. (2020). Analisis kebutuhan bahan ajar siswa di kelas III SDN Bendogerit 2 Kota Blitar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 125. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6306

Salehudin, M., Marniah, & Hariati. (2020). Siswa Sd Menggunakan Smartphone dalam Pembelajaran Online. Ibtida’, 1(2), 229–241. https://doi.org/10.37850/ibtida.v1i2.155

Setyawan, Dhimas Nur & Wijayanti, A. (2020). Analisis Kebutuhan Buku Ajar Pendamping IPA Terpadu Berbasis. 4(November), 172–177.

Simbolon, H., Sofiyan, & Ramadhani, D. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Datar SD Negeri 7 Langsa. Basic Education Studies, 2(1), 100–111.

Sinta, L. N., & Wiratsiwi, W. (2021). … MEDIA GAME DUBA ADVENTURES BERBASIS POWERPOINT MATERI BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR: Studi Kasus di SDN …. Prosiding SNasPPM, 6(1), 293–302. http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/536

Supriatna, A., & Zulkarnaen, R. (2019). Studi Kasus Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 730-735. Karawang: Universitas Singaperbangsa.

Wakit, A., Islam, U., & Ulama, N. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Datar di SDN 2 Mantingan Jepara. 4(2), 94–106.

Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852


Article Metrics

Abstract has been read : 59 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v12i2.18184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)