Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Model Blanded Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas X SMK

Fadhilah Haswenova, Yerizon Yerizon, I Made Arnawa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkanymedia pembelajaran interaktif dengan model blended learning untuk meningkatkan kemampuantpemecahan masalah matematis yang valid bagi siswatkelas X SMK pada materi SistemrPersamaan Linier Dua Variabel. Media yang dikembangkan dilengkapi dengan modul ajar dan bahan ajar. Jenistpenelitian yang digunakantadalah penelitian pengembangan. Pengembangan media ini menggunakan pengembangan dengan model Plomp . Tahap penelitian pengembangantini terdiri dari 3 tahaptyaitu tahap investigasitawal, tahap prototype, dan tahap penilaian. Pada tahap investigasi awal dilakukan perancangan media pembelajaran interaktif. Pada tahap prototype dilakukan validasi terhadap media yang telah dibuat, dan setelah media dinyatakan valid dilanjutkan pada tahap penilaian. Instrumen yang digunakantpada tahap prototype ini adalah lembar validasi. Lembar validasi ini bertujuan untuk memberikan penilaian terhadap aspek isi, aspek kebahasaan, dan aspek grafis (kebangkitan, warna, keseimbangan bentuk, keterpaduan, kualitas pengolahan program). Hasil validasi media pembelajaran interaktif oleh ahli berada padatkategori sangat valid dengan skor rata-rata 3,55. Media pembelajaran interaktif ini juga dilengkapi dengan modul ajar dan bahan ajar yang juga dikategorikan sangattvalid dengan skortrata-rata hasil validasi 3,56 untuk modul ajar dan 3,68 untuk bahan ajar. Berdasarkan kategori validitas, media pembelajaran interaktif, modul ajar, dan bahan ajar dapattdigunakan dalam prosestpembelajaran.


Keywords


Blended Learning , Pemecahan Masalah, Media Makro Flash,

Full Text:

PDF

References


Ali. (2014). Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. In Jakarta: Bumi Aksara.

Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. Teorema, 2(1), 39.

Astiati, S. D. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa MTs Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Geometri. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 6–12.

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. In Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Grosch. (2014). Which Media Services do Students Use in Fact? Results of an International Empirical Survey. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141(1), 795–806.

Hardiyanti. (2012). Problem Posing Pada Siswa Kelas Xii Teknik Konstruksi Kayu Smk Negeri 1 Jakarta. Jurnal PenSil Jurusan Teknik Sipil FT UNJ, I(2).

Kemendikbud. (2022). Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka. In Jakarta: Kemendikbud.

Masni, E. D. (2018). Pendekatan Pembelajaran Metakognitif Advance Organizer dan Scientific Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Kebiasaan Berpikir Matematis Siswa Kelas VIII. Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 62–77.

Plomp and Nieveen. (2012). An Introduction to Educational Design Research. In Enschede: SLO Netherlands Institute for Curriculum Developmen.

Purwanto. (2022). Matematis Siswa Smk Pada Materi Program Linier. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(5), 1447–1456.

Rachmawati, A. D., Baiduri, B., & Effendi, M. M. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Web Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 540.

Rahmani, W., & Widyasari, N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Media Tangram. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 17.

Rosadi. (2020). Tantangan Menjadi Guru BK Dengan Kurikulum Merdeka Belajar Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) 4, 1(69), 5–24.

Sari, I. K. (2021). Blended Learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran Inovatif di Masa Post-Pandemi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156–2163.

Siswanto, R. D., & Ratiningsih, R. P. (2020). Korelasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Bangun 4uang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 96–103.

Suana, W., Raviany, M., & Sesunan, F. (2019). Blended Learning Berbantuan Whatsapp: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 5(2), 37–45.

Sulaeman, R. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Strategi Problem Based Learning Pada Kelas Viii-C Smp Muhammadiyah 29 Sawangan Depok. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 23–30.

Supriadi, N. (2015). Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Buku Ajar Elektronik Interaktif (Baei) Yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 63–74.

Suriansyah, A., Agusta, A. R., & Setiawan, A. (2021). Model Blended learning ANTASARI untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Memecahkan Masalah. Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 2(2), 90.

Suryapuspitarini. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(2), 876–884.

Yusuf, M. M., Amin, M., & Nugrahaningsih, N. (2017). Developing of instructional media-based animation video on enzyme and metabolism material in senior high school. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 3(3), 254–257.


Article Metrics

Abstract has been read : 553 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v12i1.15747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)