Analisis Kualitas Soal Ujian Akhir Semester Dengan Menggunakan Aplikasi Program Anates

Ni Ketut Wedastuti, Anies fuady, Sunismi Sunismi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) menentukan item kualitas soal ujian dalam hal reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda, (2) menerapkan software anates untuk menghitung ย reliabilitas, tingkat kesulitan dan daya pembeda. Metode penelitian yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif dan teknik dokumentasi. Datanya terdiri dari 31 lembar jawaban siswa pada kelas VIIA SMPN 6 Singosari Malang tahun ajaran 2022/2023 . Data-data tersebut dianalisis, reliabilitas, tingkat kesulitan, pembedaan daya menggunakan software anates. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Reliabilitas soal tergolong baik berdasarkan software anates yang menunjukkan nilai koefisien ๐‘Ÿ11>๐‘Ÿ๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™. Tingkat kesukaran butir soal kurang baik karena keseimbangan soal yang mudah sedang dan sukar belum proposional, keseimbangan yang proposional yaitu 3 5-2 atau 3-4- 3.Terdapat 3 butir soal (15%) baik sekali, 4 butir soal (20%) tergolong baik, 6 butir soal (30%) tergolong sedang, 6 butir soal (30%) tergolong kurang baik dan 1 butir soal (5%) tergolong jelek sekali berdasarkan analisis daya beda.


Keywords


Analisis; Soal Ujian; Anates

Full Text:

PDF

References


Alpusari, M. (2014). 106 Analisis Butir Soal, Program Komputer Anates Versi 4.0 For Windows Mahmud Alpusari. 3, 106โ€“115.

Anates, A., Dalam, V., Interdiana, A., Sari, C., & Herawati, M. (2014). MENGANALISIS BUTIR SOAL. I(2), 203โ€“214.

Arif, M., Madura, U. T., & Wibisono, Y. (2014). Penerapan aplikasi anates bentuk soal pilihan ganda. 1(1), 1โ€“9.

Butir, A., Evaluasi, S., Kelas, T., & Plumbungan, S. D. N. (1990). MENGGUNAKAN PROGRAM ANATES. 799โ€“806.

Darmawan, C. A. (2016). ANALISIS KUALITAS SOAL TRY OUT UJIAN NASIONAL. 2(1), 20โ€“34.

Fiska, J. M., Hidayati, Y., Qomaria, N., Hadi, W. P., Pendidikan, F. I., Trunojoyo, U., & Bangkalan, M. (2021). Analisis butir soal ulangan harian ipa menggunakan software anates pada pendekatan teori tes klasik. 4(1).

Langsa, F. I. (2018). Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika ISSN 2549-3906 E-ISSN 2549-3914. 2(2), 139โ€“151.

Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karet 1 Sepatan. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2), 198โ€“214.

Padang, U. N. (2021). Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA. 7(1), 28โ€“35.

Saputri, R. R., Saโ€™dijah, C., & Chandra, T. D. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Tipe Camper Dalam Pemecahan Masalah Matematika Di Era Pandemi Covid-19. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 178. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.8694


Article Metrics

Abstract has been read : 1214 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v12i1.15413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ย 

View JIPM Stats

ย 

JIPM indexed by:

ย ย ย ย ย ย ย 


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)