Implementasi STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Penalaran Matematis

Cyndana Kartika Putri, Dadang Juandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan penalaran matematis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR). Terdapat 6 artikel yang dikaji setelah melalui tahap inklusi dan uji kualitas. Beberapa kriteria inklusi yang ditetapkan yaitu artikel dipublikasi pada rentang tahun 2015-2022, penelitian dilakukan di Indonesia dan menggunakan metode penelitian kuantitatif serta populasi penelitian dapat berasal dari jenjang pendidikan sekolah dasar hingga pendidikan tinggi. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis, model PBL, PjBL maupun karakteristik budaya lokal dapat diintegrasikan dengan pendekatan STEM. Adapun untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis, guru dapat mengimplementasikan model ICARE dengan pendekatan STEM. Hasil kajian literatur yang telah dilakukan menunjukkan bahwa implementasi STEM efektif atau berperan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan penalaran matematis


Keywords


STEM; kemampuan pemecahan masalah matematis; kemampuan penalaran matematis

Full Text:

PDF

References


Akbar, G. A. M., Diniyah, A. N., Akbar, P., Nurjaman, A., & Bernard, M. (2018). Analisis kemampuan kemampuan penalaran dan self confidence siswa sma dalam materi peluang. Journal on Education, 1(1), 14–21.

Amin, M., Ibrahim, M., & Alkusaeri. (2022). Meta Analisis: Keefektifan Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 248–262. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jser.v5i1.41752

Ardwiyanti, D., Prasetyo, Z. K., & Wilujeng, I. (2021). STEM research trends in indonesia: A systematic literature review. Journal of Science Education Research Journal, 2021(1), 38–45. www.journal.uny.ac.id/jser

Arifin, N. (2020). Efektivitas Pembelajaran Stem Problem Based Learning Ditinjau Dari Daya Juang Dan Kemampuan Pemecahan. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(1), 31–38. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v5i1.1644

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education, 2(2), 77–83. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.1405906

Cahya, I. M., & Warmi, A. (2019). Analisis tingkat kemampuan penalaran matematis siswa smp pada materi relasi dan fungsi. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 602–609.

Izzah, N., & Mulyana, V. (2021). Jurnal Penelitian dan Pem belajaran Fisika – VOL 7 N Meta Analisis Pengaruh Integrasi Pendidikan STEM dalam Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 7(1), 65–76. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.24036/jppf.v7i1.111853

Juandi, D. (2021). Heterogeneity of problem-based learning outcomes for improving mathematical competence : A systematic literature review Heterogeneity of problem-based learning outcomes for improving mathematical competence : A systematic literature review. Journal of Physics: Conference Series, 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1722/1/012108

Khairunnisa, A., Gozali, S. M., & Juandi, D. (2022). Systematic Literature Review : Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 1846–1856. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1405

Khoiri, A. (2019). Meta Analysis Study : Effect of STEM ( Science Technology Engineering and Mathematic ) towards Achievement. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 9(1), 71–82. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v9i1.2937

Kurniawati, I., Raharjo, T. J., & Khumaedi. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan. Seminar Nasional Pascasarjana 2019.

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100.

Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Prasetyo, B. H. (2022). Pengaruh Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Universitas Jambi.

Pratiwi, K., Bahri, S., & Pratiwi, D. D. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Berdasarkan Gender dengan Pendekatan STEM pada Modul Matematika. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(1), 39–51.

Priatna, N., Avip, B., & Sari, R. M. M. (2022). Efektifitas Project Based Learning-STEM dan Pemecahan MasalahMatematis Siswa pada Materi Trigonometri. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education, 6(2), 151–161. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i2.6588

Rahmawati, L., Juandi, D., & Nurlaelah, E. (2022). Implementasi Stem Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2002–2014.

Sanders, M. E. (2008). Stem, stem education, stemmania.

Sartika, D. (2019). Jurnal Ilmu Sosail dan Pendidikan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(3), 89–93.

Sudarsono, Kartono, Mulyono, & Mariani, S. (2022). The Effect of STEM Model Based on Bima ’ s Local Cultural on Problem Solving Ability. International Journal of Instruction, 15(2), 83–96.

Sudiansyah, Kurnianto, D., & Yani T, A. (2022). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 6(3), 3626–3638.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems (IJIS), 1(2), 63–77.

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis An Analysis of Mathematics Problem-solving Ability and Self-Efficacy Students of Junior High School in Ciamis Regency. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166–175.

Winarni, J., Zubaidah, S., & Koes H, S. (2016). STEM: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 976–984.


Article Metrics

Abstract has been read : 963 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.14720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)