Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education

Asnul Chandra, Abna Hidayati

Abstract


LKPD merupakan salah satu bahan ajar yang berperan sebagai pendukung dalam proses belajar. LKPD dapat digunakan untuk meringankan tugas guru, dan mengaktifkan siswa dalam proses belajar. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengembangkan LKPD berbasis pendekatan RME. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development dengan menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Desseminate). Pengolahan data  dari penelitian ini dianalisis menggunakan lembar validasi, lembar praktikalitas, dan soal tes. Lembar validasi digunakan untuk mengetahui kelayakan LKPD berbasis pendekatan RME. Lembar praktikalitas digunakan untuk mendeskripsikan apakah LKPD berbasis pendekatan RME mudah dan efesien untuk digunakan. Soal tes digunakan untuk menghitung seberapa efektivitas dari LKPD berbasis pendekatan RME dapat diaplikasikan dalam prooses pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi ditemukan bahwa rata-rata penilaian dari validator sebesar 89 dengan sangat valid. Hasil respon praktikalitas pembelajaran secara keseluruhan diperoleh skor 105, rata-rata 92, dengan kategori sangat praktis. Hasil perhitungan score N-Gain adalah 75% dengan kriteria sangat efektif. Maka dari itu, pengembangan LKPD berbasis pendekatan RME dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan di kelas II SD sebagai bahan ajar tambahan saat belajar matematika.

Keywords


LKPD; RME; Matematika

Full Text:

PDF

References


Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematik. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 175–186.

Aini, H. N., & Fathoni, A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Budaya Lokal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6167-6174

Asmaranti, W., & Pratama, G. S. (2018). Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 4(1), 639–646.

Asmin. (2012). Orientasi Baru dalam Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika Paradikma, 1(1), 77–101.

Atikah, N., Gistituati, N., Fitria, Y., & Syarifuddin, H. (2021). Validitas E-Modul Matematika Sekolah Dasar Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal Basicedu, 5(6), 6103–6109.

Atikah, N., Gistituati, N., Syarifuddin, H., & Fitria, Y. (2022, December). E-module mathematics by using Kvisoft flipbook in elementary school. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2468, No. 1, p. 070010). AIP Publishing LLC.

Bentri, A., Hidayati, A., & Rahmi, U. (2019). Implementasi Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Informasi Bagi Guru Sd Di Kota Padang. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(2), 54-60.

Elke Maisyarah, F. F. (2016). Media Permainan Ular Tangga, Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 4(1). 32-2.

Elwijaya, Fadiah, Yerizon Yerizon, Hendra Syarifuddin, D. D. (2021). Efektivitas Pengembangan Local Instructional Theory Berbasis RME pada Topik Pecahan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187.

Fajri, S. A., & Ahmad, S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Materi Penyajian Data di Kelas Iv Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 5(2), 969-981.

Fauzan, A. (2020). Traditional Mathematics Education vs . Realistic Mathematics Education : Hoping for Changes. In Proceedings of the 3rd International Mathematics Education and Society Conference (Pp. 1-4). Copenhagen: Centre for Research in Learning Mathematics., 1–4.

Fitria, Y., & Atikah, N. (2022). An Analysis of Mathematics-Integrated Scientific Literacy Competence of in-Service Teachers in Elementary School. Proceeding The 4th International Conference on Elementary Education, 4(1), 905–912.

Fitria, Y., Nurva, M. S., & Fikriani, T. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1743-1751.

Gistituati, N., & Atikah, N. (2022). E-Module Based on RME Approach in Improving the Mathematical Communication Skills of Elementary Students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(1). 106-115

Gustin, L., Sari, M., Putri, R., & Putra, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 111-127.

Hasanah, F. D. A., Sukoriyanto, S., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Kriteria Ennis. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 219-229.

Harnas, D. M., & Hidayati, A. (2020). Pengembangan LIT Topik Keliling dan Luas Persegi Panjang Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 77–87.

Hidayati, V. R., Subanji, S., & Sisworo, S. (2020). Students’ mathematical connection error in solving PISA circle problem. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 8(2), 76-84.

Indriani, M. N., & Imanuel. (2018). Pembelajaran Matematika Realistik Dalam Permainan Edukasi Berbasis Keunggulan Lokal Untuk Membangun Komunikasi Matematis. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(3), 256–262.

Khotimah, K., Istinganah, S., Umardiyah, F., & Nasrulloh, M. F. (2022). Pengembangan E-LKPD Matematika Berbasis HOTS pada Materi Bangun Ruang Prisma dan Limas SMP Kelas VIII. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 5(5), 48-57.

Latifah, S., Setiawati, E., & Basith, A. (2016). the Development of Student ’ S Worksheet ( Lkpd ) Oriented in Values of Islam Through Guided Inquiry ُon the temperature and heat material. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika “Al-BiRuNi,” 05(1), 43–52.

Laurens, T., Batlolona, F. A., Batlolona, J. R., & Leasa, M. (2018). How does realistic mathematics education (RME) improve students’ mathematics cognitive achievement? Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 569–578.

Nasri, E., Setiawan, T. H., Warianto, H., Aden, A., & Ilmadi, I. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Prestasi Belajar Ujian Matematika Siswa Dengan Menggunakan Metode Analisis Faktor. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(1), 12-28.

Paroqi, L. L., Mursalin, M., & Marhami, M. (2021). The Implementation of Realistic Mathematics Education Approach to Improve Students’ Mathematical Communication Ability in Statistics Course. International Journal for Educational and Vocational Studies (IJEVS), 2(10), 879–889.

Patmalasari, D., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2017). Karakteristik tingkat kreativitas siswa yang memiliki disposisi matematis tinggi dalam menyelesaikan soal matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 30-38.

Sabrina, R., Fauzi, & Yamin, M. (2017). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Di Kelas V Sd Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 108–118.

Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics. Jurnal Education FKIP UNMA, 5(1). 59-67.

Sumantri, G., & Sari, A. F. K. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Gamelan Jawa sebagai Media Belajar Matematika. Prosiding Seminar Pendidikan. 1-6.

Turgut, S., & Turgut, İ. G. (2020). Me while i am learning mathematics: Reflections to elementary school students’ drawings. International Electronic Journal of Elementary Education, 13(1), 139–154.

Yerizon, Y., & Sarti, L. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning Pada Materi Matriks Untuk Peserta Didik Kelas XI SMA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2879-2889.


Article Metrics

Abstract has been read : 1088 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.14336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)