Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT)

Gristi Damaiyanti Parhusip, Yosep Dwi Kristanto, Partini Partini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Ngaglik tahun ajaran 2022/2023 dengan pembelajaran teams, games, and tournament (TGT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik berjumlah 34 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi keaktifan belajar, lembar angket keaktifan belajar, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Ngaglik tahun ajaran 2022/2023 pada materi program linear. Berdasarkan observasi, keaktifan belajar peserta didik mengalami peningkatan rerata sebesar 21,4%, yaitu naik dari 59,2% pada siklus I menjadi 80,6% pada siklus II. Berdasarkan analisis data angket, peningkatan keaktifan belajar juga ditemukan, yaitu sebesar 4,4%, dari rerata 77% pada siklus I menjadi 81,4% pada siklus II.

Keywords


Penelitian Tindakan Kelas; Keaktifan belajar; Pembelajaran Kooperatif; Team Games and Tournament

Full Text:

PDF

References


Abdul Jabbar, A. I., & Felicia, P. (2015). Gameplay Engagement and Learning in Game-Based Learning: A Systematic Review. Review of Educational Research, 85(4), 740–779. https://doi.org/10.3102/0034654315577210

Adnyana, M. E. (2020). Penerapan model pembelajaran TGT (teams games tournament) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar biologi. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 1(2), 322–334.

Casey, A., & Goodyear, V. A. (2015). Can Cooperative Learning Achieve the Four Learning Outcomes of Physical Education? A Review of Literature. Quest, 67(1), 56–72. https://doi.org/10.1080/00336297.2014.984733

Chen, C.-H., Shih, C.-C., & Law, V. (2020). The effects of competition in digital game-based learning (DGBL): A meta-analysis. Educational Technology Research and Development, 68(4), 1855–1873. https://doi.org/10.1007/s11423-020-09794-1

Cooper, J., Prescott, S., Cook, L., Smith, L., & Mueck, R. (1990). Cooperative Learning and College Instruction: Effective Use of Student Learning Teams. California State University.

DeVries, D. L., Mescon, I. T., & Shackman, S. L. (1975). Teams-Games-Tournament in the Elementary Classroom: A Replication. Report No. 190. Johns Hopkins University Press.

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.

Herrmann, K. J. (2013). The impact of cooperative learning on student engagement: Results from an intervention. Active Learning in Higher Education, 14(3), 175–187. https://doi.org/10.1177/1469787413498035

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2009). An Educational Psychology Success Story: Social Interdependence Theory and Cooperative Learning. Educational Researcher, 38(5), 365–379. https://doi.org/10.3102/0013189X09339057

Kristanto, Y. D. (2020). Upaya peningkatan kualitas pembelajaran matematika melalui flipped classroom dan gamifikasi: Suatu kajian pustaka. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 3, pp. 266–278). Jurusan Matematika FMIPA UNNES. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37596

Kristanto, Y. D. (2021). Pola Interaksi dan Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Komputer. In Seminar Nasional Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2021 (pp. 12–27). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma.

Luthfi, M. R. A., Huda, C., & Susanto, J. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V Tema 8 di SD Negeri 1 Selo Kabupaten Grobogan Jawa Tengah. Jurnal Paedagogy, 8(3), 422. https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3902

Mardian, W., & Sylvia, I. (2020). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Melalui Penerapan Model Students Divisions Achievement Divisions di XI IPS 1 SMANegeri 1 Bukittinggi. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 207–214. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.31

McArdle, G., Clements, K. D., & Hutchinson-Lendi, K. (2005). The free rider and cooperative learning groups: Perspective from faculty members. Academy of Human Resources Development International Conference, 23–1, 529–535.

Mulyasa, E. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Remaja Rodakarya.

Mustika, I. W. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika. Jurnal IKA, 18(1), 54–72.

Nashiroh, M., & Sukirno. (2020). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi melalui implementasi model pembelajaran kooperatif teams games tournament. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(1), 20–35.

Panhwar, A. H., & Bell, M. J. (2022). Enhancing student engagement in large ESL classes at a Pakistani university. Educational Action Research, 1–17. https://doi.org/10.1080/09650792.2022.2089191

Permata, C. A. M., & Kristanto, Y. D. (2020). Desain Pembelajaran Matematika Berbasis Gamifikasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 279. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.3877

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.991

Rahayu, I. P., Christian Relmasira, S., & Asri Hardini, A. T. (2019). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Tematik. Journal of Education Action Research, 3(3), 193. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17369

Roberts, T. S., & McInnerney, J. M. (2007). Seven Problems of Online Group Learning (and Their Solutions). Journal of Educational Technology & Society, 10(4), 257–268.

Sanjaya, H. W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenadamedia Group.

Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Silva, R., Farias, C., & Mesquita, I. (2021). Cooperative Learning Contribution to Student Social Learning and Active Role in the Class. Sustainability, 13(15), 8644. https://doi.org/10.3390/su13158644

Slavin, R. E. (1983). When does cooperative learning increase student achievement? Psychological Bulletin, 94(3), 429–445. https://doi.org/10.1037/0033-2909.94.3.429

Slavin, R. E. (1987). Using Student Team Learning: Johns Hopkins Team Learning Project. Johns Hopkins University Press.

Slavin, R. E. (2011). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik (Zubaedi, Ed.; N. Yusron, Trans.). Nusa Media.

Sudjana, N. (2010). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Wiranti, A. A. (2019). Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Siswa Kelas 5. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 72–79.

Wouters, P., van Nimwegen, C., van Oostendorp, H., & van der Spek, E. D. (2013). A meta-analysis of the cognitive and motivational effects of serious games. Journal of Educational Psychology, 105(2), 249–265. https://doi.org/10.1037/a0031311


Article Metrics

Abstract has been read : 2200 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.13816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)