Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Berbantuan E-Module untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Rahmadila Rahmadila, Dony Permana, Edwin Musdi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas XI SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan RPP dan e-module menggunakan model problem based learning yang valid, praktis dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis dengan karakteristik e-module berbantuan flip pdf profesional pada materi turunan fungsi aljabar. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan model pengembangan Plomp dimana terdiri dari atas preliminary research, prototyping phase dan assesment phase. Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Bukittinggi. Instrument pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, angket dan soal tes. Data yang diperoleh analisis dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Karakteristik penelitian ini berupa e-module berbantuan flip pdf profesional pada materi turunan fungsi aljabar kelas XI SMA semester 2 dalam penerapannya menggunakan syntaks yang terdapat dalam model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP dan e-module berbasis problem based learning yang dikembangkan tergolong valid berdasarkan dari expert review untuk RPP  yaitu sebesar  81.06%  dan e-module sebesar 82.92%. Sedangkan hasil uji praktikalitas  peserta didik dan pendidik adalah 77.82% dan  81.67% dimana e-module dikategorikan praktis.  Selain itu efektivitas pesentase ketuntasan peserta didik yang mengikuti tes kemampuan pemecahan masalah matematis untuk tahapan small group memperoleh persentase ketuntasan sebesar 83.33% dan pada tahap field test memperoleh persentase ketuntasan sebesar 81.82% sehingga dikategorikan efektif.  Sehingga dapat disimpulkan bahwa RPP dan e-module berbasis model problem based learning pada materi turunan fungsi aljabar dikatakan valid, praktis, dan efektif


Keywords


Learning Tools; PBL; E-Module; Problem Solving Ability

Full Text:

PDF

References


Anita, Y., Thahir, A., Komaruddin, Suherman, & Rahmawati, N. D. (2021). Buku Saku Digital Berbasis STEM : Pengembangan Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. 10(September), 401–412.

Astutiani, R., Isnarto, & Hidayah, I. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. Mathematics Education Journal, 1(1), 297–303. https://doi.org/10.22219/mej.v1i1.4550

Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929.

GebreYohannes, H. M., Hadi Bhatti, A., & Hasan, R. (2016). Impact of multimedia in Teaching Mathematics. International Journal of Mathematics Trends and Technology, 39(1), 80–83. https://doi.org/10.14445/22315373/ijmtt-v39p510

Harisman, Y., Suherman, Darni, R., & Iqbal, T. (2020). Guided Books FLIP PDF Professional 2.4.10.1. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Huda, M. (2017). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran.

Iswara, E., & Sundayana, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dan Direct Instruction dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. 1, 223–234.

Kemendikbud. (2019). Tips dan Trik Penyusunan E-modul (Vol. 1).

Khairinal, K., Suratno, S., & Aftiani, R. Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip Pdf Professional Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Iis 1 Sma Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 458–470.

Priyanthi, K. A., Agustini, K., & Santyadiputra, G. S. (2017). Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data ( Studi Kasus : Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja ). 6(2), 40–49. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9267

Riyani, P., Sampoerno, P. D., & Santi, V. M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Google Classroom terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMKN 2 Bogor. Jurnal Serunai Matematika, 5(2), 27–34. https://doi.org/10.37755/jsm.v12i2.309

Silalahi, F. C. G., Kartini, K., & Hutapea, N. M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 113–124. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.366

Siregar, M. S., Siregar, E. Y., & Elindra, R. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis di pesantren nurul falah panompuan. 4(1), 39–44.

Sumartini, T. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. 5(2), 148–158.

Wahyuningsih, E. (2019). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Based Learning dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(2), 11–29. https://doi.org/10.14421/jppm.2019.012-02


Article Metrics

Abstract has been read : 307 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.13207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)