Pengembangan Perangkat Blended Learning Kontekstual Untuk Pembelajaran Program Linear Siswa SMK

Pande Putu Kurniawan, Gede Suweken, I Gusti Putu Sudiarta

Abstract


Blended learning dengan membuka kelas maya sangat penting untuk mengorganisasikan program pembelajaran siswa SMK. Bila sedang melaksanakan tugas kerja praktek lapangan, maka akan sangat bermanfaat bagi siswa dan guru yang tidak melakukan pembelajaan tatap muka secara penuh. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan perangkat pembelajaran blended learning kontekstual yang berkualitas valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian desain. Dalam penelitian ini dikembangkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Kelas Maya, dan Instrumen Penilaian. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini disesuaikan dengan tahapan-tahapan penelitian dan teknik pengambilannya menggunakan purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 3 Denpasar. Metode yang digunakan adalah metode observasi, angket, tes, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respons siswa dan guru, tes hasil belajar, dan pedoman wawancara. Data yang telah dikumpulkan diolah secara deskriptif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran blended learning kontekstual yang berkualitas valid, praktis, dan efektif.


Keywords


blended learning; kontekstual; dan perangkat pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Abdullah, T., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Analisis Kelengkapan RPP Matematika pada Guru SMAN 5 Tapung. Mosharafa: Jurnal Pendidikan, 10(3), 391–400

Bramald, R., & Higgins, S. (1999). Mathematics, ICT and Effective Teaching. Making the Difference: Proceedings of the Twenty-Second Annual Conference of the Mathematics Education Research Group of Australasia (MERGA), 91–98

Brinus, K. S. W., Makur, A. P., & Nendi, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan, 8(2), 361–372

Budiman, B. (2013). Pembelajaran Pecahan Di Kelas III SD Melalui Pendekatan Kontekstual dan Metode Permainan. Jurnal Serambi Ilmu, 14(2), 77–84

Cleveland-Innes, M. (2018). Guide to Blended Learning. [Commonwealth of Learning]

Dhemahestri, M., Rahmawati, Y., & Mahandi, Y. D. (2022). Pengaruh Blended Learning Terhadap Communication Skills dan Technical Skills Siswa Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 3 Boyolangu Tulungagung. Alinear, 3(1), 18–27

Diningrat, S. W. M. (2019). Desain Model Pembelajaran Online Sebagai Upaya Memfasilitasi Belajar di Tempat Kerja. Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 20(1), 17–24

Garrison, D. R., & Norman, D. V. (2008). Blended Learning in Higher Education: Framework, Principles, and Guidelines. John Wiley & Sons

Hake, R. R. (1999). Analizing Change/Gain Scores. American Journal of Physics, 66(1), 64–74

Herman, N. D., Maknun, J., Barliana, M. S., & Mardiana, R. (2019). Technology Literacy Level of Vocational High School Students. Proceedings of the 5th UPI International Conference on Technical and Vocational Education and Training (ICTVET 2018), 519–522

Hikmalia, M. (2022). Pengaruh Model Blended Learning berbantuan Google Classroom Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan SelfConfidence siswa SMK [Universitas Pasundan]

Jatisunda, M. G. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(1), 35–44

Jumadi. (2003). Pembelajaran Kontekstual Dan Implementasinya. http://staffnew.uny.ac.id/upload/130683941

Kariadi, I. M., Suweken, G., & Suharta, I. G. P. (2016). Pengembangan Perangkat Blended Learning untuk Meningkatkan Disposisi Matematika Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 5(1), 1–12

Koehler, M. J., & Mishra, P. (2005). Teachers Learning Technology by Design. Journal of Computing in Teacher Education, 21(3), 94–102

Lestari, N., & Abadi, A. H. (2021). Google Classroom as A Collaboration Tool For Blended Learning in Vocational Education. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasi, 3(1), 36-40

Lin, Y.-W., Tseng, C.-L., & Chiang, P.-J. (2017). The Effect of Blended Learning in Mathematics Course. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 13(3), 741–770

Marto, H. (2020). Perkembangan Guru Matematika Era 4.0. Aksioma, 9(1), 13–21

Permendikbud Nomor 34, (2018). https://buku.yunandracenter.com/

Plomp, T. (2013). Educational Design Research: An Introduction. Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO)

Purba, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI SMK Melalui Pembelajaran Kontekstual. Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 42–50

Riduwan, S. (2011). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta

Senjayawati, E. (2015). Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMK di Kota Cimahi. Didaktik, 9(1), 33–39

Stahl, G. (2021). Redesigning Mathematical Curriculum for Blended Learning. Educational Sciences, 11(4), 1–12

Sudiarta, I. G. P., Sukajaya, I. N., & Suharta, I. G. P. (2018). Investigation on Students’ Mathematical Online Discussion: A Case Study in Grade 8 SMPN 1 Denpasar. Journal of Physics: Conference Series, 1040

Sudira, P., & Hasnah, N. (2006). Pembelajaran di SMK. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan

Sumandya, W., Suharta, I. G. P., & Suweken, G. (2013). Pengembangan Pembelajaran Geometri Dimensi Tiga Berwawasan Pendidikan Matematika Realistik Berorientasi Blended Learning Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indoensia, 2(2), 1–10

Takwin, A. M. (2019). Efektivitas Penerapan Blended-Learning Setting Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika di Kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Pinrang [Universitas Negeri Makasar]

Vijayan, V., & Joshith, V. P. (2018). Technological Pedagogical content Knowledge: A Framework for 21st Century Teacher Cognition. Internat. J. Res. & Analytical Rev, Vijayan, V(3), 325–329

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar

Wulansari, E. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Blended Learning Dengan Memanfaatkan Google Classroom Pada Materi Vektor dalam Ruang [Universitas Sanata Darma]


Article Metrics

Abstract has been read : 66 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.12993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)