Analisis Bibliometrik Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Publikasi Ilmiah Menggunakan VOSviewer

Ilham Kurniawan, Humaira Humaira, Muhammad Rifqi Akbar, Salwa Mahesa, Andira Rahmawati, Zuhrufatun Nafisah, Muntazhimah Muntazhimah

Abstract


Salah satu inovasi model pembelajaran pada penelitian sebelumnya memperlihatkan adanya hubungan yang erat terkait Problems based Learing dengan kemampuan berpikir kritis matematis. Problem Based Learning (PBL) atau dalam bahasa Indonesia yaitu Pembelajaran Berbasis Masalah  merupakan inovasi dalam pembelajaran karena dalam Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) kemampuan berpikir siswa betul-betul dioptimalisasikan melalui proses kerja kelompok atau tim yang sistematis, sehingga siswa dapat memberdayakan, mengasah, menguji dan mengembangkan kemampuan berpikirnya secara berkesinambungan. Penelitian ini dikembangkan melalui analisis bibliometrik data yang diekstraksi dari database Google scholar dengan pengumpulan data menggunakan media Publish or Perish (PoP) dan visualisai data menggunakan VOSviewer. Metadata untuk 300  artikel  model pembelajaran Problem Based Learning pada kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diekstrak dari database Google Cendekia menggunakan perangkat lunak Publish or Perish (PoP). Artikel ini diterbitkan hingga 2022. Kemudian kami menggunakan perangkat lunak VOSviewer untuk melakukan visualisasi jaringan, overlay, dan kepadatan. Hasil yang di dapat berdasarkan data yang terkumpul menyatakan bahwa masih sangat besar kemungkinan untuk memperdalam penelitian terkait Problem Based Learning dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.


Keywords


problem based learning, critical thinking mathematics

Full Text:

PDF

References


Andrian, Y., & Rusman, R. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116

Aoun, J. E. (2017). Robot-proof: Higher education in the age of artificial intelligence. In Robot-Proof: Higher Education in the Age of Artificial Intelligence. https://doi.org/10.1080/02607476.2018.1500792

Chukwuyenum, A. N. (2013). Impact of critical thinking on performance in mathematic. IOSR Journal of Research & Method in Education, 3(5).

Ellegaard, O., & Wallin, J. A. (2015). The bibliometric analysis of scholarly production: How great is the impact? Scientometrics, 105(3). https://doi.org/10.1007/s11192-015-1645-z

Fathiara, A., Badarudin, B., & Muslim, A. H. (2019). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN GEMAR MEMBACA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN BERBASIS LITERASI. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(2). https://doi.org/10.31602/muallimuna.v4i2.1863

Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS SISWA SMA DI BOGOR TIMUR. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2040

Istarani. (2014). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Media Persada.

M. Rusman. (2011). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. In Jakarta: Raja Farindo Persada (Vol. 1).

Nursulistyo, E. D., Siswandari, S., & Jaryanto, J. (2021). Model Team-Based Learning dan Model Problem-Based Learning Secara Daring Berpengaruh terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Mimbar Ilmu, 26(1). https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32321

Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Simorangkir, F. M. A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.30738/.v6i1.2082

Vogel, R., & Güttel, W. H. (2013). The dynamic capability view in strategic management: A bibliometric review. International Journal of Management Reviews, 15(4). https://doi.org/10.1111/ijmr.12000


Article Metrics

Abstract has been read : 282 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v12i1.12642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)