Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Melalui Perkuliahan Geometri Analitik Topik Garis

Elza Rahma Dihna, Eyus Sudihartinih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis mahasiswa dalam menyelesaikan soal geometri analitik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Partisipan pada penelitian ini adalah 12 orang mahasiswa program studi pendidikan matematika yang mengontrak mata kuliah geometri analitik. Instrumen soal yang digunakan pada penelitian ini adalah tiga butir soal uraian pada topik garis. Pada hasil penelitian ini didapatkan bahwa kemampuan representasi matematis mahasiswa calon guru pada mata kuliah geometri analitik dalam topik garis masih kurang. Dari ketiga indikator kemampuan representasi matematis, didapatkan bahwa partisipan dapat dengan baik menampilkan reprsentasi visual berupa gambar atau grafik, kemudian untuk representasi persamaan atau ekspresi matematis dapat dicapai dengan baik oleh hampir seluruh partisipan. Dan indikator yang paling sedikit dicapai oleh partisipan adalah indikator representasi verbal pada indikator ini hanya ada dua partisipan yang mampu menampilkannya.



Keywords


Kemampuan Representasi Matematis; Kualitatif; Geometri Bidang; Geometri Analitik; Garis

Full Text:

PDF

References


Amaliyah AR, R., & Mahmud, N. (2018). Analisis Kemampuan Representasi Matematis dalam Pemecahan Masalah Geometri serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(2), 146–160. https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.2.146-160

Astuti, E. P. (2017). Representasi Matematis Mahasiswa Calon Guru dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 70. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.100

Dwi Melinda, S. (2017). ANALISISKEMAMPUAN REPRESENTASIMATEMATIS SISWADITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SPASIAL MATERI GEOMETRI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA. AlphaMath Journal of Mathematics Education, 3(1).

Fajriah, N., Utami, C., & Mariyam. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Statistika. In JOURNAL OF EDUCATIONAL REVIEW AND RESEARCH (Vol. 3, Issue 1).

Fattah, B., Zawawi, I., & Midjan. (2018). REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK MENURUT PANDANGAN BRUNER DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN JENIS KELAMIN. Didaktika, 24(2), 123–138.

Ikashaum, F., Mustika, J., Wulantina, E., & Cahyo, E. D. (2021). Analisis Kesalahan Representasi Simbolik Mahasiswa Pada Soal Geometri Analitik Bidang. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 9(1), 57–68. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v9i1.1701

Juita Sari, H., Kusaeri, A., & Mauliddin. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(2), 56–66.

Komala, E., & Afrida, A. M. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK Ditinjau dari Gaya Belajar. Journal of Instructional Mathematics, 1(2), 53–59. https://doi.org/10.37640/jim.v1i2.364

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Analisis kemampuan representasi matematis mahasiswa pada mata kuliah geometri transformasi berdasarkan latar belakang pendidikan menengah. Jurnal Matematika Integratif, 13(1), 28-33.

Ningtyas, D. Y., Fuad, Y., & Lukito, A. (2019). Kemampuan Representasi Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 27–36. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17334​​

Sarassanti, Y. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 60-74.

Suliani, M. (2019). Analisis Representasi Matematika dalam Penyelesaian Masalah Geometri. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami, 3(1), 452–462.

Syafri, F. S. (2017). KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIKA. Jurnal Edumath, 3(1), 49–55. http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/edumath

Umaroh, U., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Mengerjakan Soal PISA Ditinjau dari Perbedaan Gender. In Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia (Vol. 05, Issue 02). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Yenni, Y., & Sukmawati, R. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Berdasarkan Motivasi Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 251-262.


Article Metrics

Abstract has been read : 342 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.12443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)