Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) pada Pembelajaran Daring

Nur Rofi'ah, Jarnawi A Dahlan, Al Jupri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring di Sekolah Menengah Atas. Jenis penelitian yang digunakan ialah survey deskriptif dengan metode kuantitatif, yang menggunakan alat pengumpul data survey berupa angket dengan skala likert. Populasi dalam riset ini ialah seluruh siswa salah satu Sekolah Menengah Atas. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode stratified random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Statistika Deskriptif serta statistika inferensial yakni statistika non parametrik dengan Uji Kruskall-Wallis, Uji Post Hoc dan Uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mempunyai motivasi amat tinggi atas elemen harapan serta cita-cita masa depan. Ini tampak pada persentase yang didapatkan yakni sejumlah 81%. Motivasi tinggi diperlihatkan  siswa pada aspek lingkungan belajar yang kondusif dengan persentase sejumlah 77,66%, pada aspek hasrat dan keinginan berhasil dengan persentase sejumlah 77,443%, dan pada aspek kegiatan menarik dalam belajar dengan persentase sebesar 65,60%. Menurut hasil survei disimpulkan bahwasanya motivasi belajar mahasiswa memperlihatkan rerata persentase 64,98% termasuk di kategori tinggi dan terdapat perbedaan motivasi belajar siswa untuk setiap tingkatan pada pembelajaran daring selama pandemi COVID-19, serta terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa laki-laki dan siswa perempuan.

This study aims to describe student motivation in online learning in high schools. The type of research used is a descriptive survey with a quantitative method, which uses a survey data collection tool in the form of a questionnaire with a Likert scale. The population in this research is all students of one senior high school. The sampling technique used a stratified random sampling method. The data analysis technique is descriptive and inferential, non-parametric statistics with the Kruskall-Wallis Test, Post Hoc Test, and Mann-Whitney U Test. The results showed that students' learning motivation is very high on indicators of future expectations and future is 81%. High motivation was shown by students in aspects of a conducive learning environment, with a percentage of 77.66%, in aspects of desire and desire to succeed with a percentage of 77.443%, and in aspects of exciting activities in learning with a percentage of 65.60%. According to the survey results, it was concluded that student learning motivation showed an average percentage of 64.98%, included in the high category, and there were differences in student learning motivation for each level in online learning during the COVID-19 pandemic, and there were differences in learning motivation between male and female students.


Keywords


Motivasi Belajar Siswa; Pembelajaran Daring; Pandemi COVID-19

Full Text:

PDF

References


Bungin, B. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Cahyani, A. I. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 123.

Daniel, W. W. (1989). Statistika Nonparametrik Terapan. Jakarta: PT. Gramedia.

Emda, A. (2017). Kedudukan motivasi Belajar Siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 93-196.

Firastika Eka Nurhayati, S. E. (2021). Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA pada Masa Pandemi Covid-19. Edumatika, 93-98.

kadir. (2010). Statistika untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial (Dilengkapi dengan Output Program SPSS). Jakarta: Rosemata sampurna.

Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Persepektif Guru dan Siswa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasrah, A. M. (2020). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR DARING MAHASISWA PADA MASA PANDEMIK COVID-19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 210.

Rahma, N. S. (2021). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar mahasiswa Selama Pandemic COVID-19. Genta Mulia, 113-118.

Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan pembelajaran, Teori dan praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana.

Siegel, S. (1956). Nonparametric Statistic For The Behavioral Sciences. London: The Maple Press Company.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Yani Fitriani, I. f. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 168.


Article Metrics

Abstract has been read : 202 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.11829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)