Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Learning Circle 5e Menggunakan Geogebra Untuk Melatih Kemampuan Representasi Matematis

Kathrin Nur Wulandari, Syamsuri Syamsuri, Maman Fathurrohman, Novaliyosi Novaliyosi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbantuan Geogebra yang valid, praktis dan efektif untuk melatih kemampuan representasi siswa melalui pembelajaran 5e. Metode penelitian ini menggunakan prosedur 4D yang telah dimodifikasi yaitu tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi ahli untuk menilai kevalidan, kuesioner respons siswa untuk menilai kepraktisan dan keefektifan LKS dan applet Geogebra. Penelitian ini menghasilkan LKS berbantuan Geogebra berbasis pembelajaran 5e untuk melatih kemampuan representasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbantuan Geogebra valid melalui penilaian dari ahli materi mendapatkan rata-rata skor 4.93 dari skor maksimal 5 dengan kriteria sangat baik dan ahli media mendapatkan rata-rata skor 4.00 dari skor maksimal 5 dengan kriteria sangat baik. Angket respon siswa diperoleh rata-rata skor 2.95 dari skor maksimal 4 yang menunjukkan bahan ajar hasil pengembangan memiliki kualitas praktis dengan kriteria baik. Secara keseluruhan LKS yang dikembangkan dinilai valid, praktis dan efektif untuk pembelajaran, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran matematika di tingkat SMA.

Keywords


LKS, Learning cycle 5e, Geogebra, representasi matematis

Full Text:

PDF

References


(BNSP), B. S. N. P. (2020). Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016. https://bsnp-indonesia.org/salinan-permendikbud-nomor-21-tahun-2016-3/

Abdullah, I. H. (2012). Pengembangan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan representasi matematik siswa melalui pembelajaran kontekstual yang terintegrasi dengan soft skill. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 65–74.

Adha, I., & Refianti, R. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) menggunakan pendekatan matematika realistik indonesia berbasis konteks Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/judika.v2i1.729

Ariawan, I. P. W. (2012). Pengembangan model dan perangkat pembelajaran geometri bidang berbantuan open software geogebra. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Undiksha, 1(5), 141–150.

Baccaglini-Frank, A. (2021). To tell a story, you need a protagonist: how dynamic interactive mediators can fulfill this role and foster explorative participation to mathematical discourse. Educational Studies in Mathematics, 106(2), 291–312. https://doi.org/10.1007/s10649-020-10009-w

Bozkurt, G., & Ruthven, K. (2018). The activity structure of technology-based mathematics lessons: a case study of three teachers in English secondary schools. Research in Mathematics Education, 20(3), 254–272. https://doi.org/10.1080/14794802.2018.1474798

Diković, L. (2009). Applications geogebra into teaching some topics of mathematics at the college level. Computer Science and Information Systems, 6(2), 191–203. https://doi.org/10.2298/CSIS0902191D

Dwi Savitri, M., Sudiarta, I. G. P., & Sariyasa, S. (2021). Pengaruh meas berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematika siswa. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 243. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9240

Hasanah, F. D. A., Sukoriyanto, S., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam memecahkan masalah geometri berdasarkan kriteria Ennis. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 219. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.8657

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001). Adding It Up : Helping Children Learn Mathematics. National Academy Press.

Komariah, L., Salsabila, E., & Wiraningsih, E. D. (2021). Perbandingan powerpoint , Geogebra , & LKS terbimbing terhadap representasi matematis pembelajaran learning cycle. J-PiMat, 3(2), 285–394.

Kusuma, A. B., & Setyaningsih, E. (2015). Peningkatan kemampuan representasi matematis mahasiswa menggunakan media program Geogebra pada mata kuliah geometri transformasi. Khazanah Pendidikan, VIII(2), 1–15.

Mahendra, R., Murtafiah, W., & Adamura, F. (2015). Profil penalaran siswa kelas X SMA dalam menyelesaikan masalah persamaan kuadrat ditinjau dari kemampuan awal siswa. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(1), 40. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i1.837

Muchlis, E. E., Priatna, N., & Dahlan, J. A. (2021). Development of a web-based worksheet with a project-based learning model assisted by GeoGebra. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 46–60.

NCTM. (2000). Principles And Standards For School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics.

Nisiyatussani, Ayuningtyas, V., Fathurrohman, M., & Anriani, N. (2018). GeoGebra applets design and development for junior high school students to learn quadrilateral mathematics concepts. Journal on Mathematics Education, 9(1), 27–40. https://doi.org/10.22342/jme.9.1.4162.27-40

Novitasari, D., Hamdani, D., Arifin, S., & Junaidi. (2021). Pengembangan lkpd berbasis geogebra untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika, 7(1), 1–16.

Oktaviana, D. (2018). Analisis tipe kesalahan berdasarkan teori Newman dalam menyelesaikan soal cerita pada mata kuliah matematika diskrit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(2), 22. https://doi.org/10.23971/eds.v5i2.719

Ontario Ministry of Education. (2020). The Ontario Curriculum Grades 1–8: Mathematics. In Queen’s Printer for Ontario. Queen’s Printer for Ontario. https://www.dcp.edu.gov.on.ca/en/curriculum/elementary-mathematics/downloads

Perta, P. A., Ansori, I., & Karyadi, B. (2017). Peningkatan aktivitas dan kemampuan menalar siswa melalui model pembelajaran siklus belajar 5E. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 72–81. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.72-81

Prasetyawan, E., & Gunawan, H. I. (2020). Pengembangan LKS matematika saintifik SMP kelas VIII berbasis multiple intelligences gardner. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 914–925. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.329

Prastowo, A. (2015). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif: menciptakan metodee pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Diva Press.

Pratiwi, D. D. (2016). Pembelajaran learning cycle 5e berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 191–202. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.34

Puspendik. (2019). Laporan hasil ujian nasional. Pusat Penilaian Pendidikan. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/

Rahmadian, N., Mulyono, & Isnarto. (2019). Kemampuan representasi matematis dalam model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 287–292. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28940

Safitri, W. Y., Retnawati, H., & Rofiki, I. (2020). Pengembangan film animasi aritmetika sosial berbasis ekonomi syariah untuk meningkatkan minat belajar siswa MTs. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 195–209.

Saleh, H., & Warsito, W. (2019). Peningkatan kemampuan koneksi matematis mahasiswa melalui pembelajaran model siklus 7e berbantuan hypnoteaching. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 158. https://doi.org/10.31000/prima.v3i2.1648

Sari, E. P., & Karyati. (2020). Keefektifan model pembelajaran CO ditinjau dari kemampuan koneksi matematis, representasi matematis, dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 227–240.

Sari, R. M., Amir M.Z., Z., & Risnawati, R. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendekatan realistic mathematic education (RME) untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa SMP. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 66–74. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1108

Shadiq, F. (2007). Apa dan mengapa matematika begitu penting? In Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika. Departemen Pendidikan Nasional.

Shadiq, F. (2008). Bagaimana cara mencapai tujuan pembelajaran matematika di SMK. In Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika. Departemen Pendidikan Nasional.

Sulistyowaty, R. K., Kesumah, Y. S., & Priatna, B. A. (2019). Peningkatan kemampuan representasi matematis melalui pembelajaran collaborative problem solving. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 153–162. https://doi.org/10.22342/jpm.13.2.6829.153-162

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. In Instructional development for training teachers of exceptional children. National Center for Improvement Educational System. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2

Utami, B., Hastuti, B., Yamtinah, S., Padmini, S., & Arroyan, F. (2013). Penerapan siklus belajar 5E disertai LKS untuk peningkatan kualitas proses dan hasil belajar kimia. Cakrawala Pendidikan, 2, 315–325.

Wulandari, K. N., & Raditya, A. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa pada materi geometri transformasi menggunakan Geogebra. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 83–90.


Article Metrics

Abstract has been read : 331 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v12i1.11194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)