Minat Belajar Siswa Terhadap Penggunaan Software Adobe Flash Cs6 Profesional Sebagai Media Pembelajaran

Ilham Muhammad, Fitriana Yolanda

Abstract


Perkembangan teknologi sudah semakin pesat khususnya dibidang pendidikan, sehingga diperlukan pemanfaatan teknologi ketika pembelajaran baik oleh guru ataupun siswa. Multimedia interaktif merupakan suatu model pembelajaran untuk membangkitkan pikiran, motivasi, memberikan pesan, dan minat siswa sehingga mendorong proses belajar mengajar, media digunakan untuk membangkitkan pengalaman belajar siswa agar menjadi lebih nyata. Adapun tujuan peneliti melakukan penelitian adalah untuk mendeskripsikan minat belajar pada diri siswa terhadap penggunaan Software Adobe Flash Cs6 Professional sebagai media pembelajaran pada materi relasi dan fungsi kelas VIII SMP. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan 18 orang siswa SMP kelas VIII sebagai sampelnya yang diambil secara random. Penelitian ini menggunakan instrumen non tes yang berupa angket minat belajar siswa. Analisis data deskriptif kuantitatif digunakan sebagai teknik analisis data pada penelitian ini. Adapun hasil respon siswa terhadap penggunaan Software Adobe Flash Cs6 Professional sebagai media pembelajaran ini didapat persentase dengan rata-rata 82,74% yang tergolong sangat tinggi, hal ini menunjukkan bahwa respon siswa terhadap penggunaan Software Adobe Flash Cs6 Professional sebagai media pembelajaran positif sehingga dapat digunakan nantinya untuk proses pembelajaran yang dapat menarik minat belajar pada diri siswa.


Keywords


Relasi dan Fungsi; Media Pembelajaran; Adobe Flash Cs6; Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Anwar, S., & Anis, M. B. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash Profesional pada Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(1), 83–98. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v3i1.6940

Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rhineka Cipta.

Aritonang, K. T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11–21.

Ibda, H. (2017). Media Pembelajaran Berbasis Wayang. Semarang: Pilar Nusantara.

Kartika, H. (2014). Pembelajaran Matematika Berbantuan Software Matlab sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Minat Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan unsika, 2(1), 21–33.

Khairani & Febrinal, D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Macromedia Flash Materi Tabung Untuk SMP Kelas IX. Jurnal Ipteks Terapan, 10(2), 95–102.

Lutfi, A. F., & Usamah, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Untuk Mata Pelajaran Fikih Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(02), 219–232. https://doi.org/10.30868/EI.V8I2.490

Mahsun. (2020). Pengembangan Alat Peraga Pita Perkalian Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Saintifik di MI Miftahul Ulum Cermenan Jombang. Research And Tought Elmentary School Of Islam Journal, 1(2), 15–25.

Nuraeni, N. N. (Nanih). (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang melalui Alat Peraga Balok dan Kubus pada Siswa Kelas VI c di Sdn Danau Indah 01 Kec. Cikarang Barat Kabupaten Bekasi. Pedagogiana, 8(4), 325540. https://doi.org/10.47601/AJP.17

Pradana, R. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Uji Makanan Menggunakan Adobe Flash Professional Cs5. Universitas Negeri Yogyakarta.

Purwanto, H. (2021). Menggugat Pandemi Lewat Pendidikan. Surabaya: Media Karya.

Rezeki, S. (2018). Pemanfaatan Adobe Flash Cs6 Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fungsi Komposisi Dan Fungsi Invers. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 856–864. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.33

Riyanti, G. (2018). Perilaku Bullying Ditinjau Dari Konsep Diri Pada Siswa / Siswi Smp Parulian 3 Medan. Jurnal Psychomutiara, 2(1), 1–16.

Sennen, E. (2018). Mengelola Pembelajaran Literasi Matematika Berbasis Pembelajaran Matematika Realistik Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), 79–83. Diambil dari http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/58

Septiawan, S & Abdurrahman, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif dengan Menggunakan Adobe Flash CS6 Profesional pada Materi Barisan & Deret Kelas XI SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 8(1).

Sutisno, A. (2019). Telaah Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: K-Media.

Swalaganata, G. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Game Aritmatika (GAMETIKA) Menggunakan Adobe Flash CS6. Jurnal Tadris Matematika, 1(1), 65–74. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.1.65-74

Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.

Widiyastuti, N., Slameto, S., & Radia, E. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Adobe Flash Materi Bumi Dan Alam Semesta. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 77–84. https://doi.org/10.21009/PIP.321.9

Yolanda, F. (2019). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Siswa. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 8–11. Diambil dari http://phi.unbari.ac.id/index.php/phi/article/view/56

Yuliana, Y. (2017). Implementasi Media Pembelajaran Tuntunan Sholat 5 Waktu Menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS6. JPI_Rabbani, 1(2), 267–283.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V2I3.142

Wahyuni, P., & Yolanda, F. (2020). Development of Macromedia Flash Based Teaching Materials on It-Based Statistic Data Analysis. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 8(2), 131–138. https://doi.org/10.25273/JIPM.V8I2.5483

Yolanda, F., & Wahyuni, P. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Macromedia Flash. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2), 170–177. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i2.3612


Article Metrics

Abstract has been read : 1790 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.11083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)