PROFIL KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA KELAS X DALAM MENYELESAIKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN PENERAPAN SIFAT-SIFAT EKSPONEN DAN LOGARITMA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL

Lenny Prastiyowati, Sardulo Gembong, Darmadi Darmadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan pemahaman dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penerapan sifat-sifat eksponen dan logaritma pada siswa SMA ditinjau dari kemampuan awal, yang meliputi memahami masalah, merencanakan penyelesaia masalah, melaksanakan penyelesaian masalah, dan memeriksa kembali. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah enam siswa kelas X SMA N 1 Kawedanan yaitu dua siswa dengan kemampuan awal tinggi, dua siswa dengan kemampuan awal sedang dan dua siswa dengan kemampuan awal rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan wawancara. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode. Data hasil penelitian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan profil kemampuan pemahaman siswa dengan ke-mampuan awal tinggi : memiliki kemampuan pemahaman dalam proses pemahaman menaf-sirkan, mencontohkan, mengklasifikasikan, merangkum, menyimpulkan, dan menjelaskan dengan baik namun hanya mampu menggunakan proses pemahaman membandingkan dengan cukup. Siswa dengan kemampuan awal sedang : memiliki kemampuan pemahaman dalam proses pemahaman menafsirkan, mengklasifikasikan dan merangkum dengan baik namun dalam kemampuan menggunakan proses pemahaman mencontohkan, menyimpulkan, membandingkan dan menjelaskan dengan cukup. Siswa dengan kemampuan awal sedang : memiliki kemampuan pemahaman dalam proses pemahaman menafsirkan, mengkla-sifikasikan dan merangkum dengan baik namun kemampuan siswa dalam menggunakan proses pemahaman mencontohkan, menyimpulkan, membandingkan dan menjelaskan adalah kurang.


Keywords


Profil; Pemahaman; Kemampuan Awal; Eksponen dan Logaritma

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Ja-karta: PT Asdi Mahasatya.

Anderson dan Krathwohl. 2001. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Terjemahan oleh Agung Prihan-toro. (2010) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fajar, A. 2009. Portofolio dalam Pelajaran IPS. Bandung: PT Remaja Ros-dakarya Offset.

Hafid, A., Ahiri, J dan Haq, P. 2013. Kon-sep Dasar Ilmu Pendidikan. Ban-dung: CV Alfabeta.

Suparman, A 2012. Desain Intruksional Modern: Paduan Para Pengajar dan Inavator Pendidikan. Ja-karta: Erlangga.

Winarni, E. S., dan Harmini, S. 2012. Mate-matika untuk PGSD. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.


Article Metrics

Abstract has been read : 986 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v4i1.1027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika



 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)