ELMA (E-Learning for Matheatics): Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis LMS (Learning Management System) sebagai Alternatif Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Ucu Rosmiati, Supratman Supratman, Sri Tirto Madawistama

Abstract


Media pembelajaran daring sangat diperlukan terutama pada masa pandemi covid-19 saat ini. Namun, media pembelajaran yang tersedia belum mampu untuk menunjang proses dan manajemen dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara daring. Oleh karena itu perlu dilakukan pengembangan media pembelajaran daring terutama dalam pembelajaran matematika. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media e-learning berbasis LMS yang dinamakan dengan ELMA (E-learning for Mathematics) dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi). Hasil validasi ahli materi diperoleh  berada pada kategori “sangat baik”dan hasil validasi ahli media diperoleh  berada pada kategori “sangat baik”, hal ini menunjukan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan media ELMA layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Selain itu, hasil uji coba terbatas terhadap satu kelas di kelas VIII diperoleh  yang berarti bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan media ELMA mendapatkan respon yang “sangat baik”. Oleh karena itu, media ELMA layak dan dapat untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Keywords


E-learning; Learning Management System (LMS); ELMA (E-learning for Mathematics); Model ADDIE

Full Text:

PDF

References


Berking, P., & Gallagher, S. (2015). Choosing a Learning Management System, Advanced Distributed Learning(ADL) Co-Laboratories. Serco Services, November, 1–136.

Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53, Issue 9).

Jamal, S. (2020). Analisis Kesiapan Pembelajaran E-Learning Saat Pandemi Covid-19 Di SMK Negeri 1 Tambelangan. Jurnal Nalar Pendidikan, 8(1), 16. https://doi.org/10.26858/jnp.v8i1.13561

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 35952/MPK.A/HK/2020. Mendikbud RI, 1–2. https://www.kemdikbud.go.id

Khoir, H. M., Murtinugraha, E., & Musalamah, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal PenSil, 9(1), 54–60. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.13453

Maryana, Suaedi, & nurdin. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Powerpoint Dan. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(3), 53–61. https://www.journal.uncp.ac.id/index.php/proximal/article/view/1455

Moradmand, N., Datta, A., & Oakley, G. (2014). The Design and Implementation of an Educational Multimedia Mathematics Software : Using ADDIE to Guide Instructional System Design. The Journal of Appied Instructional Design, 4(1), 37–49. http://www.jaidpub.org/wp-content/uploads/2014/10/Moramand-Datta-Oakley.pdf

Muhammad, T. (2017). PERANCANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM MENGGUNAKAN KONSEP COMPUTER SUPPORTED COLLABORATIVE LEARNING Abstraksi This time many Universities have implemented e-learning to support learning activities . However AMIK Hass Bandung The Campus where Researchers c. Jurnal Produktif, 1, 35–63.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 433. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924

Rezky, M., Ramly, & Saleh, M. (2020). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 40–47.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (23rd ed.). Alfabeta.

Wibawa, S. C., Harimurti, R., Anistyasari, Y., & Sumbawati, M. S. (2017). the Design and Implementation of an Educational Multimedia Interactive Operation System Using Lectora Inspire. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(1), 74–79. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i1.16633

Yuliana, Y. (2020). Analisis Keefektivitasan Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Corona (Covid-19). SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(10), 875–894. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i10.17371


Article Metrics

Abstract has been read : 237 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.10051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)