Internal Audit untuk Menilai Objek dengan COSO Framework pada Koperasi Simpan Pinjam pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang

M. Rizki Maulidi, Tri Ratnawati

Abstract


Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bangkalan adalah perangkat daerah yang bergerak dibidang pekerjaan umum dan penataan ruang. Sebagai perangkat daerah mempunyai kebijakan secara teknis untuk menangani penataan ruang sehingga menjadi tanggung jawab bagi pemerintah kabupaten. Oleh karena itu, diperlukan adanya sistem pengendalian internal sebagai alat pengawasan agar tidak terjadi kesalahan atau kecurangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas dari pengendalian internal dan penilaian internal audit berbasis digital pada koperasi simpan pinjam sesuai dengan komponen Coso Framework. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel penelitian ini diambil dari beberapa pegawai PUPR Bangkalan yaitu bidang keuangan dan bidang kepegawaian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pengendalian internal yang diterapkan oleh PUPR Kabupaten Bangkalan sudah efektif namun terdapat beberapa hal yang tidak sesuai dengan delapan komponen pada Coso Framework seperti penggunaan kredit yang macet karena jaringan internet yang tidak stabil sehingga para konsumen harus menunggu dengan waktu yang cukup lama, terjadinya kesalahan pada mekanisme dan prosedur yang dilakukan tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan OJK. Menerapkan otorisasi atas penyaluran kredit utang piutang pada koperasi simpan pinjam kepada pihak berwewenang. Oleh karena itu, sebaiknya pimpinan melakukan tindakan terhadap simpan pinjam koperasi agar sesuai dengan prosedur dan alur untuk meminimalisir menyalahgunakan tindakan yang dilakukan oleh sumber daya manusia.


Keywords


Audit Internal, Pengendalian Internal, Coso Framework.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, A. dan Novita. 2021. Implementasi Pengendalian Internal Berdasarkan Coso Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan Studi Kasus Pada PT. Reasuransi Syariah Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi. Vol. 10 No. 1, Hlm 1 – 10.

Ananda, Carisa, dkk. Internal Control Coso Framework Dalam Mendeteksi Indikasi Fraud Berdasarkan Fraud Triangle: Studi Kasus Transportasi Berbasis Online Go-Jek Di Daerah Jabodetabek. Prosiding Akutansi dan Audit. Hlm 1 – 14.

Aulia, aA dan Novita. 2021. Upaya Menjaga Kelangsungan Usaha Koperasi Dengan Internal Control Berdasarkan Coso Framework. Jurnal Riset Akutansi. Vol. 2 No. 1, Hlm 30 – 40.

Diana, A. N. 2022. Analisis Sistem Pengendalian Internal Piutang Pada KPRI Kokardan. Jurnal Ekonomi, Koperasi, dan Kewirausahaan. Vol. 13, No. 1, Hlm 19 – 28.

Fadillah, S.D.A, Zulaikha, T. S. A, Ilham, T.Y. 2021. Peran Dan Manfaat Implementasi Information Technology (IT) dalam Audit Internal. Prosiding National Seminar On Accounting, Finance, and Economics. Vol. 1 No. 1, Hlm 1 – 8.

Intan Novia dan Kun Ismawati. 2018. Sistem Pengendalian Internal Pengajuan Kredit Nasabah Di Koperasi ABC Sragen. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan. Vol. 7 No. 2, Hlm 25 - 35.

Irawan, Fuad Bayu. 2020. Menyingkap Kualitas Pelayanan Toko Kelontong Aulia Anugerah Pati. Skripsi. Semarang: Universitas Semarang.

Jamaludin, Abdusai. 2021. Peranan Audit Internal dalam Manajemen Efektivitas Pengendalian Internal Penjualan. Jurnal Akutansi UMMI. Vol. 2 No. 1, Hlm 1 – 12.

Kusniawati, A. dan Ratnawati,T. 2016. Internal Audit Activity Based Management Untuk Menilai Efisiensi dan Efektivitas Pada Departemen Produksi CV. Herba Bagoes Malang Kota. Jurnal Ekonomi Akutansi. Vol. 1 No.1, Hlm 1 – 20.

Keputusan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 96 Tahun 2004 tentang Pedoman Standar Operasional Manajemen Koperasi Simpan Pinjam dan Unit Simpan Pinjam.

Khoirunnisa, W, Fadhila, W.A, Astuti, W. Mawarni, Y,I. Gunawan, A. 2021. Tinjauan Kualitas Audit Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding The Industrial Research Workshop and National Seminar. Hlm 1 – 5.

Olpah, Hermiliani. 2017. Analisis Pengendalian Internal Atas Pemberian Kredit Modal Kerja Pada Koperasi Simpan Pinjam Karya Agung Nganjuk. Jurnal Akutansi dan Manajemen. Vol. 4 No. 1, Hlm 1 – 25.

Peraturan Daerah Kabupaten Bangkalan Nomor 17 Tahun 2016 tentang Pembentukan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Bangkalan.

Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Tedjsukmana, Budianto. 2021. Optimalisasi Teknologi di masa Pandemi Melalui Audit Jarak Jauh dalam Profesi Audit Internal. Prosiding Senapan. Vol. 1 No. 1, Hlm 1 – 11.

Sumarna, A. D dan Novitasari, N. F. 2022 Coso Framework Sebagai Basis Penilaian Efektifitas Pengendalian Internal Penerimaan Kas: Studi Kasus PT. Lep. Jurnal Akutansi Netral, Akuntabel, Objektif. Vol. 4 No. 2, Hlm 656 – 670.

Sukriyanto, Fibriyanti dan Lakoro. 2021. Analisis Kinerja Audit Internal Dalam Mendeteksi Kecurangan Kredit Fiktif Pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Arta Niaga Makassar. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akutansi. Vol. 1 No. 3, Hlm 6 - 14.

Sugianto dan Sumatri, I. I. 2019. Peran Audit Internal dan Sistem Pengendalian Internal Atas Pengajuan Kredit Tanpa Agunan Pada Perusahaan Perbankan di Indonesia. Jurnal Akutansi. Vol. 13 No. 2, Hlm 1 – 29.

Syah, S. R dan Nurfianti, J. 2021. Sistem Pengendalian Internal Atas Persediaan. Jurnal Akutansi Multiparadigma. Vol. 6, No. 2, Hlm. 17 – 33.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan

Yuliana, Yulinarti dan Nina. 2019. Pengaruh Karakteristik Koperasi Terhadap Permintaan Jasa Audit Internal: Studi Empiris Koperasi di Kecamatan Kaliwetes Kabupaten Jember. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora. Vol. 8 No. 2, Hlm 1 – 16.

Winarto, Tjahjo. 2021. Kesiapan Auditor Internal dalam Menghadapi Era Digital: Studi Kasus BUMN X. Jurnalku. Vol. 1 No. 4, Hlm 1 –17.

Widiastoeti, H. Narasti, M. 2021. Improvement of Internal Control Throught Operational Standards for Procedures for Procurement of The Equipment and Service at ‘D’ Type Hospital in Sumenep District. Journal of Management. Vol. 11 No. 2, Hlm 1 – 5.


Article Metrics

Abstract has been read : 770 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/inventory.v7i1.16184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 M. Rizki Maulidi, Tri Ratnawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

                    

 

 

Supported by:

 

   

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2 Program Studi Akuntansi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun

 

 


Web Analytics Made Easy - StatCounter Inventory Stats