Menelusuri Fungsi Internal Audit dan Sistem Pengendalian Internal Universitas Muhammadiyah Palopo

Sardillah Syahril, Rismawati Sudirman, Andika Rusli

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk melakukan analisis dan penelusuran tentang fungsi audit internal dan sistem pengendalian internal yang ada pada Universitas Muhammadiyah Palopo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi transendental Husserl dimana seorang peneliti harus melepas semua segala asumsi, presepsi, dan ilmu pengetahuan mengenai subjek penelitian untuk mendapatkan esensi paling murni dari data yang diperoleh. Fenomenologi transendental memberikan kesempatan untuk menjelaskan fenomena dalam term pembentukannya, dan esensi yang dapat di ambil. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan yang di dapatkan dari kegiatan wawancara.
Berdasarkan Temuan penelitian mengindikasikan bahwa elemen-elemen sistem pengendalian internal yang diaplikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Palopo cukup efektif dan mendukung praktik manajerial yang baik. Akan tetapi pada beberapa aspek juga masih mengandung beberapa kelemahan untuk diperbaiki yaitu, meningkatkan kepatuhan terhadap standar prosedur yang telah disusun dan tindak lanjut terhadap temuan permasalahan sehingga kemudian ditindaklanjuti dengan baik sehingga dapat ditingkatkan lagi kualitas pelayanan yang diberikan. Dan perlu adanya dokumentasi penilaian risiko oleh pimpinan Universitas dan unit kerja di lingkungan Universitas juga harus dilakukan secara spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis, dan terikat waktu. Serta perlunya dikembangkan sistem informasi akuntansi untuk dapat menyajikan informasi saldo secara tepat waktu dan terintegrasi dengan aplikasi lain, misal sistem informasi anggaran, sistem informasi, sumberdaya manusia, dan sistem informasi aset. Sehingga peningkatan good university governance sehingga visi, misi dan tujuan Universitas dapat dicapai dengan efektif dan efisien. Persiapan secara serius atas sumber daya manusia (SDM) dalam menjalankan sistem perlu dilakukan untuk meningkatkan efektifitas penerapan sistem akuntansi.

Keywords


Fungsi Internal Audit, Sistem Pengendalian Internal, Auditor Internal

Full Text:

PDF

References


Afriliani, A., Sandria, AM., Ardina, AK. & Putri, S. (2022). Penerapan Pengendalian Internal Dalam Meningkatkan Kinerja Perguruan Tinggi Melalui Persepsi Mahasiswa Universitas Trilogi. E-Prosiding Akuntansi , 3(1).

Anderson, U. L., Head, M. J., Ramamoorti, S., Riddle, C., Salamasick, M., & Sobel, P. J. (2017). Internal auditing: Assurance & advisory services. Institute of Internal Auditors Research Foundation.

Boynton, W. C., Johnson, R. N., & Kell, W. G. (2003). Modern Auditing. Vol. 7. Jakarta

BPKP. (2010). Peraturan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Nomor : PER-211/K/JF/2010 tentang Standar Kompetensi Auditor. Jakarta

Committee of Sponsoring Organization (COSO) of The Treadway Commission., (2013). Internal Control – Integrated Framework : Executive Summary. COSO. Mei 2013. Erlangga.

Fatimah, K., & Pramudyastuti, O. L. (2022). Analisis Peran Audit Internal Dalam Upaya Pencegahan Dan Pendeteksian Kencenderungan Kecurangan Akuntansi (FRAUD). Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 7(2), 235-243.

Fitria, F., & Sudarmadi, D. (2019). Pengaruh sistem informasi akuntansi dan pengendalian internal terhadap kinerja karyawan PT. Beton Elemen Persada. JASa (Jurnal Akuntansi, Audit dan Sistem Informasi Akuntansi), 3(1), 1-13.

Hadinata, S. (2017). Kontribusi audit internal terhadap managemen risiko. EkBis: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(1), 53-73.

Hery. (2016). Auditing dan Asuransi: Pemeriksaan Akuntansi Berbasis Standar Internasionl. Jakarta: PT.Gramedia Widyasarana Indonesia.

Judistira, ME. (2016). Analisis Fungsi Dan Efektivitas Audit Internal Pada Organisasi AIESEC Indonesia. 19. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1(2).

Momot, T., Vlasova, O., Gordienko, N., Karpushenko, M., Illyashenko, O., Yaroshenko, I., Solodovnik, O. & Kozlova, A. (2021). Internal auditing in the public sector: issues of risks compliance application. Academy of Accounting and Financial Studies Journal, 25(3), 1-9.

Mulyadi. (2002). Auditing. Edisi Enam, Buku Satu. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyadi. (2017). Sistem Akuntansi. Salemba Empat. Jakarta

Pemerintah Republik Indonesia. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Pengawasan Intern di Lingkungan Departemen Pendidikan Nasional

Peraturan Pemerintah. PP Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern.

Petraşcu, D., & Tieanu, A. (2014). The role of internal audit in fraud prevention and detection. Procedia Economics and Finance, 16, 489-497. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(14)00829-6

Pickett, K. S. (2010). The Handbook of Internal Auditing. John Wiley and Sons.

Saptapradipta, P. (2015). Pengaruh Audit Internal dan Pengendalian Internal terhadap Pelaksanaan Good Governance (Studi pada Badan Layanan Umum Universitas Brawijaya Malang). Malang: Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Jurnal Ilmiah FEB Universitas Brawijaya, 2(2).

Surat Keputusan Ketua Bapepamm dan Lembaga Keuangan Kep-496/BL/2008 Tentang Pembentukan dan Pedoman Penyusunan Piagam Unit Audit Internal.

Widilestariningtyas, O., & Akbar, R. T. (2014). Pengaruh Audit Internal Terhadap Risiko Fraud (Survei Pada Pt. Bri Di Wilayah Bandung). Jurnal Riset Akuntansi, 6(1).

Zamzami, F., & Faiz, I. A. (2015). Evaluasi implementasi sistem pengendalian internal: studi kasus pada sebuah Perguruan Tinggi Negeri. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 6(1), 20-27.

Zunaedi, B. N. F., Annisa, H. R., & Dewi, M. (2022). Fungsi Internal Audit dan Manajemen Risiko Perusahaan: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 24(1), 59-70.


Article Metrics

Abstract has been read : 741 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/inventory.v7i1.16181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sardillah Syahril, Rismawati Sudirman, Andika Rusli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

                    

 

 

Supported by:

 

   

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2 Program Studi Akuntansi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun

 

 


Web Analytics Made Easy - StatCounter Inventory Stats