Peningkatan Sopan-Santun dan Disiplin melalui Tembang Dolanan pada Siswa TKIT Al Furqon Maospati Magetan

Siti Samsiyah, Muhammad Hanif, P Parji

Abstract


Sopan santun dan disiplin adalah bagian dari karakter yang harus di bangun sejak dini bagi semua orang. Namun kenyataanya masih banyak siswa PAUD TKIT Alfurqon Maospati Magetan  yang belum  mengenal dan bersikap  sopan santun dan belum disiplin. Untuk itu perlu dilaksanakan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui dan menjelaskan peningkatan sopan santun dan kedisiplinan peserta didik PAUD TKIT Alfurqon dengan tembang dolanan. Penelitian tindakan kelas ini mulan bulan November 2019 sampai Januari 2020 sebanyak 2 (dua) siklus. Pengambilan datanya dengan observasi dan studi dokumen dan analisis datanya dengan kualitatif Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan sopan santun dan kedisiplinan peserta didik  PAUD TKIT Alfurqon dapat ditingikan melalui tempang dolanan. Pada siklus 1 sopan satun dan kedisiplinan  peserta didik naik menjadi 61 % .dan pada siklus 2 sopan santun naik menjadi 88% dan Capaian pada siklus ke-2 sudah melebihi target yang ditetapkan atau sudah sesuai dengan harapan yaitu siswa yang mencapai 85%.


Keywords


Sopan santun; disiplin; tembang dolanan

Full Text:

PDF

References


Bejo, S. (2005). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administrarif dan Operasional. Bumi Aksara.

Chazawi, A. (2007). Tindak Pidana Kesopanan. Rajawali Press.

Dessler, G. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Indeks.

Hadianti, L. S. (2008). Pengaruh Pelaksanaan Tata Terbib Sekolat terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa (Penelitian Deskriftif Analisis di SDN Sukakarya II Kecamatan samarang Kabupaten Garut). Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 2(1), 1–8.

Hanif, M. (2016). Kesenian Dongkrek (Studi Nilai Budaya Dan Potensinya Sebagai Sumber Pendidikan Karakter). Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 1(2), 132–141.

Jatirahayu, W., dan Pringgawidagda, S. (2002). Puspa Sumekar Budi Pekerti ing Lagu Dolanan Anak. CV. Grafika Indah.

Khodiri, A. W. (2019). Nilai Budi Pekerti Dalam Tembang Dolanan Jawa. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Kusnadi. (1999). Diktat Kuliah Pengantar Apresiasi Tembang Jawa. Program Pendidikan Seni Tari. FBS. UNY.

Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. PT RajaGrafindo Persada.

Parji, P. (2002). Strategi Pembelajaran Pendidikan Moral pada Era Teknologi Informasi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(2), 97–107.

Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Kencana Prenada Media Group.

Suwardi, E. (2009). Tuntunan Tembang Jawa. Lumbung Ilmu.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Veronika, P. Setiawan, B. Wardani, N. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Jawa (Materi Tembang Dolanan) Berbasis Pendidikan Karakter Religius dalam Kurikulum 2013. El Harakah JURNAL BUDAYA ISLAM, 19(1), 53–77.

Wulandari, L. D. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI pada SMA Negeri 4 Depok. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 5(2), 148–151.

Zuriah, N. (2007). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan Mengagas platform Pendidikan Budi Pekerti secara Kontekstual dan Futuristik. PT Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract has been read : 436 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v5i1.6631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Office:
Pascasarjana Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : gulawentah@unipma.ac.id

 


web
analytics
Gulawentah My Stats