Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Geografi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching

Ulfi Andrian Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meneliti keaktifan siswa dalam pembelajaran geografi mengunakan model  pembelajaran Reciprocal Teaching (RT). Subjek penelitain siswa SMAN 1 Kademanagan kelas X.6. Jumlah subjek penelitian 30 Siswa. Metode penelian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dengan menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan rumus prosentase.  Hasil penelitian keaktifan siswa dalam pembelajaran geografi untuk indikator visual activitie sebesar 86% termasuk kategori baik, writing activities sebesar 95% termasuk kategori sangat baik, oral activities sebesar 83% termasuk kategori baik, mental activities sebesar 82% termasuk kategori baik, listening activities sebesar 67%  termasuk kategori cukup dan emotional activities sebesar 90% termasuk kategori sangat baik.


Keywords


keaktifan, reciprocal teaching

Full Text:

PDF

References


Apriyanto, Bejo, Elan Artono Nurdin, Fahrudi Ahwan Ikhsan, and Fahmi Arif Kurniawan. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Memahami Lingkungan Hidup Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Sukodono. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 11(2), 8–13.

Degeng, Nyoman. (2013). Ilmu Pembelajaran (Klasifikasi Variabel Untuk Pengembangan Teori Dan Penelitian). Bandung: Kalam Hidup.

Dimyati, and Mudjiono. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Doolittle, Peter E., David Hicks, Cheri F. Triplett, William Dee Nichols, and Carl A. Young. (2006). Reciprocal Teaching for Reading Comprehension in Higher Education: A Strategy for Fostering the Deeper Understanding of Texts. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education. 17(2), 106–18.

Eggen, and Kauchak. (2012). Strategi Dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT Indeks.

Marrill, and Stolurow. (1966). Hierarchical Preview Vs. Problem Oriented Review in Learning on Imaginary Science. America Education Research Journal 3(4).

Nurhadi, dkk, dkk, and dkk. (2004). Pembelajaran Kontekstual Dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Oczkus. (2003). Reciprocal Teaching at Work: Strategies for Improving Reading Comprehension. New York: International Reading Association.

Oczkus. (2010). Reciprocal Teaching at Work: Powerful Strategies and Lessons for Improving Reading Comprehension. New York: International Reading Association.

Padma. (2008). Reciprocal Teaching Techniques. New Delhi: S.B Nangia.

Palincsar, and Brown. (1983). Reciprocal Teachingof Comprehension Monitoring Activities. Champaign-Urban: University of Illinois.

Palincsar, and Brown. (1984). Reciprocal Teaching of Comprehension-Fostering and Comprehension-Monitoring Activities. Journal The Reading Teacher, 1(2), 117–75.

Permendikbud Nomor 22. (2016).

Rivai, Immawati Nur Aisyah, and Taat Wulandari. (2018). Perbedaan metode debat dan ceramah terhadap penguasaan konsep IPS ditinjau dari berpikir kritis siswa. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(1), 1–11.

Rusyiana, Novrika, and Rofiq Irmawan. (2015). Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 1(2), 86–99.

Sardiman. (2014). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Slavin. (2008). Psikologi Pendidikan Teori Dan Praktik Jilid 1. Jakarta: PT Indeks.

Slavin. (2010). Cooperative Learning: Teori, Riset Dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Stricklin, Kelley. (2011). Hands-On Reciprocal Teaching: A Comprehension Technique. Journal The Reading Teacher, 64(8), 620–25.

Susanti, Vera Dewi. (2014). Efektivitas Metode Reciprocal Teaching Ditinjau dari Keaktifan Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Kyai Ageng Basyariyah Sewulan Dagangan Tahun Ajaran 2012/2013. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(1).

Susilawati, Susilawati. 2016. Cara Memilih Strategi Pembelajaran Geografi Dalam Kurikulum 2004. Jurnal Geografi Gea, 6(2).

Utomo, Nugroho Setyo, and Djoko Suwito. (2017). Pendekatan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mesin Tenaga Fluida Kelas X TPM 2 SMK Negeri 3 Surabaya. JPTM, 6(1),105–11.

Vahlia, Ira, and Satrio Wicaksono Sudarman. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Berbalik (Reciprocal Teaching) Ditinjau Dari Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Aksioma ,4(1),59–66.


Article Metrics

Abstract has been read : 322 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v5i1.6597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Office:
Pascasarjana Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : gulawentah@unipma.ac.id

 


web
analytics
Gulawentah My Stats