PENERAPAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK BERBANTUAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN SIRAPAN 02

Erma Nurdiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPS dengan menggunakan model investigasi kelompok berbantuan media visual pada prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN Sirapan 02 Kecamatan/Kabupaten Madiun.Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan hasilnya menunjukkan bahwa prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN Sirapan 02 Kecamatan Madiun Kabupaten Madiun semester genap tahun pelajaran 2014/2015 dapat ditingkatkan dengan menggunakan model investigasi kelompok berbantuan media visual. Peningkatan prestasi belajar IPS tersebut ditunjukkan dari nilai rata-rata klasikal yang mengalami kenaikan. Pada prasiklus nilai rata-rata klasikal = 60,94, siklus I = 71,44, dan siklus II = 75,61. Peningkatan prestasi juga dibuktikan dari siswa yang mencapai KKM mengalami peningkatan dan siswa yang tidak mencapai KKM mengalami penurunan. Pada prasiklus, siswa yang mencapai KKM sebanyak 3 orang (17,65%) dan yang tidak tuntas sebanyak 14 orang (82,35%). Siklus I, siswa yang mencapai KKM sebanyak 11 orang (64,71%) dan yang tidak tuntas sebanyak 6 orang (35,29%). Sedangkan pada siklus II, siswa yang mencapai
KKM sebanyak 14 orang (82,35%) dan yang tidak tuntas sebanyak 3 orang (17,65%). Capaian ketuntasan sebesar 82,35% sudah melebih target yang ditetapkan atau sudah sesuai dengan harapan yaitu siswa yang mencapai KKM ≥ 70%


Keywords


Model Investigasi Kelompok; Media Visual; Prestasi Belajar IPS

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 577 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v1i1.60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Gulawentah: Jurnal Studi Sosial Metrics:

Office:
Pascasarjana Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : gulawentah@unipma.ac.id

 


web
analytics
Gulawentah My Stats