MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 PONOROGO

Sundari Sundari

Abstract


Pembelajaran aktif perlu ditekankan sebagai aspek penting dan sangat berarti dalam menciptakan pembelajaran IPS, agar siswa tidak monoton dan dinamis. Selama ini siswa klas IX E SMP Negeri 3 Kecamatan Ponorogo seringkali mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal IPSkarena itu perlu adanya penggunaan model pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Model pembelajaran aktif Card Sortadalah kolaboratif yang mengejar konsep, karakteristik, klasifikasi, fakta, tentang obyek atau mereview informasi. Penelitian Tindakan Kelas ini ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran IPS melalui pembelajaran aktif tipe Card Sort dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam menyelesaikan soal IPS. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif.Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan catatan lapangan.Hasil dari penelitian ini menunjukkanbahwa penggunaan pendekatan model pembelajaran card sort dapat meningkatkan keaktifan siswa pada kompetensi dasar Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia di atas 75% .


Keywords


Kompetensi Dasar; Keaktifan Siswa; Card Sort; IPS

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 24 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Gulawentah: Jurnal Studi Sosial indexed by:

Copyright gulawentah: Jurnal Studi Sosial (ISSN print):2528-6293 ; (ISSN online): 2528-6781

 

email : gulawentah@unipma.ac.id

Creative Commons License
Gulawentah: Jurnal Studi SOsial by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/gulawentah/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


web
analytics
Gulawentah My Stats