Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Tes Hasil Belajar IPS Melalui Supervisi Akademik Pada Guru SDN 4 Ngasinan Jetis Ponorogo

Endang Setiyawati

Abstract


Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan Guru SD Negeri 4 Ngasinan Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019dalam menyusun tes hasil belajar IPS melalui supervisi akademik. Subyek penelitian ini adalah Guru SD Negeri 4 Ngasinan Jetis Ponorogo yang berjumlah 6 orang terdiri dari 1 guru laki-laki dan 5 guru perempuan. Penelitian inidimulai dari studi pendahuluan pada bulan Agustus sampai dengan bulan Desember 2018. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data dalam penelitian Tindakan Sekolah ini berupa analisis statistik deskriptif dan analisiskualitatif model interaktif Miles dan Huberman.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklus terdiri atas4 tahap yaitu:(1) perencanaan tindakan, (2) implementasi/ pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan interpresentasi tindakan, (4) evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan dari sisi proses Guru sangat mampu menyusun Tes Hasil Belajar IPS. Hal ini terlihat perbedaan skor penilaian pada prasiklus rata-rata skor nilainya sebesar 50, pada siklus I skor rata-rata nilainya menjadi 72, dan siklus II skor rata-ratanya meningkat nilainya menjadi 82.Sedangkan hasil Supervisi Akademis secara klasikalpadaprasiklus hanya 2 orang guru yang mampu dalam menyusun tes hasil belajar IPS (33,33%), pada siklus I meningkat menjadi 4 orang guru yang mampu (67,67%) dan pada  siklus II meningkat secara keseluruhan menjadi 6 orang guru yang mampu menyusun tes hasil belajar IPS secara benar mencapai nilai 80 (100%). Dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam menyusun tes hasil belajar IPS dapat ditingkatkan melalui supervisi akademik pada Guru SDNegeri 4 Ngasinan Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019”.


Keywords


Kemampuan Guru; Tes Hasil Belajar IPS; Supervisi Akademik

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 22 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v4i1.4989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Gulawentah: Jurnal Studi Sosial indexed by:

Copyright gulawentah: Jurnal Studi Sosial (ISSN print):2528-6293 ; (ISSN online): 2528-6781

 

email : gulawentah@unipma.ac.id

Creative Commons License
Gulawentah: Jurnal Studi SOsial by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/gulawentah/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


web
analytics
Gulawentah My Stats